PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PUPUK PHE DENGAN METODE MATERIAL REQUIREMENT PLANNING DAN TEKNIK LOT SIZING (STUDI KASUS : PT BIO INDUSTRI NUSANTARA)

Sekar Ayu Dewati

Informasi Dasar

112071078
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Bio Indutri Nusantara adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi pupuk yang digunakan untuk tanaman perkebunan. Pupuk yang dihasilkan adalah perpaduan mineral dan Bakteri. Dalam Perencanaan persediaan bahan baku, perusahaan ini sering mengalami kelebihan parsediaan bahan baku sehingga total biaya persediaan dengan menggunakan sistem pemesanan yang saat ini dilakukan cukup tinggi. Perusahaan melakukan pemesanan menggunakan intuisi pegawai yang ada di bagian persediaan, jika sistem persediaan tidak dilakukan perbaikan maka perusahaan akan mengalami kerugian terus menerus.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan lot pemesanan dan waktu pemesanan yang optimal dengan menggunakan ketentuan lot pemesanan tiap-tiap jenis bahan baku dari supplier dan ketentuan safety stok dari perusahaan untuk meminimumkan total ongkos produksi.

Perencanaan persediaan bahan baku untuk membentuk pupuk PHE yaitu berupa Zeolit, Gambut, Gypsum, Karung, NaOH, C6H12O22, C4H6O5, Yeast Extract, Jagung, MgSo4.7H20, dan CaSo4.2H2O dilakukan menggunakan metode Dynamic Lot Sizing yang terdiri dari Fixed Order Quantity, Least Unit Cost, Silver Meal Algorithm, Lot For Lot dan Fixed Periode Requirement. Metode ini dipilih karena Bahan baku yang pembuat pupuk PHE memiliki lead time saat pemesanan. Selain itu bahan baku mempunyai karateristik tertentu, sehingga beberapa teknik lot sizing dapat digunakan untuk menguji metode yang paling tepat dalam penentuan lot. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan, metode dynamic lot sizing yang dapat meminimalkan total ongkos produksi tergantung pada karakteristik bahan baku tersebut dengan total ongkos sebesar Rp 524,046,417.1 ,-/tahun, sehingga perusahaan .dapat dilakukan penghematan sebesar 8 %

Penelitian ini diharapkan dapat membantu perusahaan untuk mengambil keputusan mengenai pemesanan bahan baku dan mempermudah perusahaan untuk menghitung jumlah pemesanan Material Requirement Planning (MRP), Dynamic Lot Sizing, Kuantitas Pemesanan, Fixed Order Quantity, Least Unit Cost, Silver Meal Algorithm, Lot For Lot dan Fixed Periode Requirement

Subjek

Management - production
 

Katalog

PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PUPUK PHE DENGAN METODE MATERIAL REQUIREMENT PLANNING DAN TEKNIK LOT SIZING (STUDI KASUS : PT BIO INDUSTRI NUSANTARA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Sekar Ayu Dewati
Perorangan
Rino Andias ST., MM; Pratya Poeri ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini