PERANCANGAN TATA LETAK PABRIK BAGIAN BONDING AND COMPOSITE PT DIRGANTARA INDONESIA UNTUK MEMINIMASI MOMEN PERPINDAHAN MATERIAL MENGGUNAKAN ALGORITMA SA-CRAFT

Gana Danayanto Putro

Informasi Dasar

112080059
658.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Dirgantara Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri kedirgantaraan terutama dalam proses pembuatan komponen pesawat terbang dan alat angkut udara lainnya. Dalam menjaga kepercayaan pelanggannya, PT. Dirgantara Indonesia harus mampu menyelesaikan seluruh pesanan tepat waktu. Hal tersebut disebabkan karena perusahaan tersebut melakukan proses produksi berdasarkan pesanan (job order). Salah satu strateginya dalam menyelesaikan seluruh pesanan tepat waktu yaitu PT. Dirgantara Indonesia harus bisa meningkatkan volume produksi, serta menghemat biaya produksi itu sendiri, yaitu dengan mengoptimalkan jarak momen perpindahan material antar proses produksi yang berkaitan langsung dengan tata letak pabrik. Pada penelitian yang dilakukan di PT. Dirgantara Indonesia, khususnya pada proses produksi Panel Right di bagian Bonding and Composite terdapat ketidakefisienan tata letak. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya aliran material yang tidak teratur, backtracking pada proses produksi, bottleneck pada pada bagian workstation Dry Lamination dan Lay up Bonding, dan terdapat perpindahan material yang jauh antar operasi. Tipe tata letak yang digunakan pada perancangan menggunakan tata letak proses, dengan tujuan meminimalkan total momen perpindahan material.

Algoritma yang digunakan dalam peneliatian ini adalah algoritma SA-CRAFT yang membutuhkan masukan data momen perpindahan material (perkalian antara jarak dengan frekuensi perpindahan). Algoritma Simulated Annealing adalah algoritma umum untuk menyelesaikan masalah optimasi kombinatorial dan secara asimtonik dapat dipandang sebagai algoritma optimasi walaupun pada kenyataannya berperilaku sebagai algoritma heuristik.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, pada tata letak usulan dapat mereduksi total momen perpindahan material sebesar 16,5%. Dengan berkurangnya momen perpindahan material, maka berbanding lurus pula dengan biaya produksi yang dikeluarkan. Dengan demikian tata letak usulan yang dihasilkan dapat mengefisiensikan momen perpindahan material. Dan berdasarkan analisis kebutuhan fasilitas terdapat penambahan fasilitas sebesar 6 untuk fasilitas Meja Dry Lamination dan 5 untuk fasilitas Meja Lay up Bonding untuk mengurangi bottleneck pada bagian workstation Dry Lamination dan Lay up Bonding. Tata letak, Algoritma SA-CRAFT, Momen perpindahan.

Subjek

OPERATION MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN TATA LETAK PABRIK BAGIAN BONDING AND COMPOSITE PT DIRGANTARA INDONESIA UNTUK MEMINIMASI MOMEN PERPINDAHAN MATERIAL MENGGUNAKAN ALGORITMA SA-CRAFT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Gana Danayanto Putro
Perorangan
Muhammad Iqbal, ST., MM.; Ika Arum Puspita, ST.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini