PERANCANGAN PROPORSI SKOR TRANSKRIP AKTIVITAS KEMAHASISWAAN (TAK) INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM BERDASARKAN KNOWLEDGE CONVERSION DENGAN MENGGUNAKAN METODE 5C 4C DAN SECI

IHSAN RIZKALUTHFI

Informasi Dasar

112080086
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Transkrip Aktivitas Kemahasiswaaan (TAK) adalah suatu parameter penilaian keaktifan mahasiswa dalam kegiatan non akademik yang diberlakukan sebagai aturan kepada mahasiswa oleh Institut Teknologi Telkom dan merupakan suatu wahana efektif pengembangan softskill mahasiswa dalam rangka meningkatkan kualitas alumni lulusannya serta menjadi suatu pemenuhan kewajiban perguruan tinggi dalam menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang tercantum dalam Tridharma Perguruan Tinggi. Oleh karena hal itu, diperlukan pengembangan proporsi skor TAK agar setiap nilai mata rantai Tridharma Perguruan Tinggi dapat terpenuhi oleh setiap mahasiswa dan bentuk alur pengajuan skor TAK secara tertulis dan jelas sebagai penunjang aktivitas pengelolaan TAK yang baik. Pengembangan proporsi skor TAK dilakukan dengan mengonversi data menjadi informasi dan informasi menjadi knowledge.

Penelitian ini menggunakan metode knowledge conversion 5C 4C, data mentah dikonversikan menjadi informasi melalui tahap Contextualized, Categorized, Calculated, Corrected dan Condensed dengan bantuan alat pengolahan dari data mining dan informasi dikonversikan menjadi knowledge melalui tahap Comparison, Consequence, Connection dan Conversation serta menggunakan metode SECI melalui tahapan Socialization, Externalization, Combination dan Internalization berfungsi untuk mengetahui pendapat para bagian institusi yang berkaitan dengan kegiatan kemahasiswaan berupa tacit knowledge sebagai analisis untuk pengambilan keputusan proporsi skor TAK yang relevan.

Berdasarkan hasil analisis dan hasil pengolahan data maka diperoleh kesimpulan bahwa proporsi skor TAK menurut Tridharma dibentuk berdasarkan hasil lulusan alumni, yakni dibentuk menjadi tiga segmentasi yaitu pertama mahasiswa ingin melanjutkan kuliah dengan pemenuhan proporsi bidang penalaran 22%, bidang minat bakat 73% dan pengabdian masyarakat 5%. Segmen kedua, mahasiswa ingin melanjutkan berwirausaha dan bekerja dengan pemenuhan proporsi bidang penalaran 20%, minat bakat 75% dan pengabdian masyarakat 5%. Segmen ketiga mahasiswa ingin melanjutkan berkuliah dengan pemenuhan proporsi bidang penalaran 30%, minat bakat 65% dan pengabdian masyarakat 5%. Kemudian hasil proporsi skor TAK tersebut dapat diinternalisasikan yang berupa dokumentasi kepada pihak institusi. Transkrip Aktivitas Kemahasiswaan (TAK), Tridharma, konversi data, informasi dan knowledge, metode SECI dan data mining.

Subjek

COMPUTER PROGRAMMING
 

Katalog

PERANCANGAN PROPORSI SKOR TRANSKRIP AKTIVITAS KEMAHASISWAAN (TAK) INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM BERDASARKAN KNOWLEDGE CONVERSION DENGAN MENGGUNAKAN METODE 5C 4C DAN SECI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IHSAN RIZKALUTHFI
Perorangan
Amelia Kurniawati, ST., MT.; Muhammad Iqbal, ST., MT)
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini