PERANCANGAN STORYBOARD KONTEN E-LEARNING PROSES REPAIRING COVER GEAR DAN REPAIRING MOTOR SLIP A-AXIS MESIN TOSHIBA BMC-100(5) BERDASARKAN KNOWLEDGE CONVERSION DENGAN METODE SECI DI PT DIRGANTARA INDONESIA

Angga Ryandika

Informasi Dasar

112080112
659.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Proses maintenance mesin baik secara corrective maupun preventive pada Departemen Maintenance PT Dirgantara Indonesia di dalamnya tersimpan knowledge berbentuk pengalaman mekanik yang bisa didapatkan setelah proses maintenance mesin terlewati guna untuk proses maintenance mesin periode selanjutnya. Pengalaman dalam benak mekanik yang masih berupa tacit knowledge dapat mudah hilang apabila tidak terdokumentasikan dengan baik. Oleh karena itu, pendokumentasian knowledge perlu dilakukan melalui konversi knowledge untuk mengubah knowledge mekanik yang masih berbentuk tacit knowledge menjadi explicit knowledge, karena knowledge berbentuk explicit biasanya lebih mudah untuk dipelajari.

Proses konversi knowledge menggunakan metode SECI yang terdiri dari empat tahap yaitu Socialization, Externalization, Combination, dan Internalization. Pada tahap socialization, knowledge mekanik pada Departemen Maintenance mengenai proses maintenance mesin Toshiba BMC-100(5) yang masih berbentuk tacit knowledge ditangkap dengan melakukan wawancara. Tacit knowledge yang didapat dari mekanik kemudian didokumentasikan menjadi explicit knowledge dalam bentuk panduan pelaksanaan maintenance mesin. Hasil panduan pelaksanaan aktivitas maintenance mesin Toshiba BMC-100(5) ini akan dijadikan dasar dalam pencarian best practice dengan menggunakan brainstorming. Hasil best practice panduan pelaksanaan dijadikan sebagai acuan untuk pembuatan storyboard sebagai konten dalam e-learning.

Storyboard yang dibuat berdasarkan best practice proses maintenance mesin yang akan digunakan sebagai konten dalam pembuatan e-learning. E-learning yang telah dibuat dijadikan sebagai alat bantu pembelajaran baru bagi mekanik mengenai panduan pelaksanaan maintenance mesin Departemen Maintenance PT Dirgantara Indonesia pada periode berikutnya.

Tacit knowledge, explicit knowledge, brainstorming, best practice, storyboard dan e-learning.

Subjek

ADVERTISING
 

Katalog

PERANCANGAN STORYBOARD KONTEN E-LEARNING PROSES REPAIRING COVER GEAR DAN REPAIRING MOTOR SLIP A-AXIS MESIN TOSHIBA BMC-100(5) BERDASARKAN KNOWLEDGE CONVERSION DENGAN METODE SECI DI PT DIRGANTARA INDONESIA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Angga Ryandika
Perorangan
Amelia Kurniawati, ST., MT; M. Teguh Kurniawan, ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini