PERANCANGAN ULANG KEY PERFORMANCE INDICATORS DAN ANALISIS PENCAPAIAN KINERJA HUMAN CAPITAL CENTER DENGAN METODE BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS: PT TELKOM)

Tya Fitrie Aprilyanti

Informasi Dasar

112080148
658.401 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perubahan struktur organisasi dan beralihnya kepemimpinan PT Telekomunikasi Indonesia yang disingkat menjadi TELKOM yang telah dimulai sejak akhir tahun 2011 mengakibatkan terjadinya perubahan visi dan misi TELKOM pada tahun 2012–2016. Hal ini juga membuat TELKOM menetapkan kembali sasaran strategis dan strategi TELKOM. Sebagai salah satu unit organisasi TELKOM, human capital center (HCC) yang berperan mengelola sumber daya manusia pun tidak lepas dari kondisi perubahan tersebut. Perubahan visi, misi dan sasaran strategis TELKOM membuat terjadinya perubahan pada visi, misi dan sasaran strategis HCC. Perubahan visi, misi dan sasaran strategis HCC membuat indikator kinerja HCC mengalami perubahan, sehingga indikator kinerja utama atau key performance indicators (KPI) HCC juga mengalami perubahan. Berdasarkan gambaran kondisi tersebut maka hal tersebut melatarbelakangi penelitian ini dilakukan.

Perancangan KPI pada penelitian ini dilakukan melalui proses cascading, yang diawali dengan analisis visi dan misi HCC, dilanjutkan dengan tahap identifikasi kontribusi dan pengaruh HCC dalam konteks peta strategi perusahaan, identifikasi customer HCC, aktivitas HCC, output setiap aktivitas HCC, dan harapan customer HCC terhadap setiap aktivitas HCC, penurunan sasaran strategi perusahaan kedalam sasaran strategis HCC, dan pengembangan sasaran strategis kedalam empat perspektif dalam balanced scorecard, sehingga didapatlah indikator yang akan dibandingkan pada proses perhitungan menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk memperoleh KPI. Proses perhitungan dengan metode AHP tersebut menghasilkan 4 KPI yang teridiri dari 1 KPI perspektif keuangan, 1 KPI perspektif pelanggan, 1 KPI perspektif proses bisnis internal, dan 1 KPI perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Proses selanjutnya dilakukan pengukuran terhadap KPI yang telah dirancang. Pengukuran KPI menghasilkan bahwa dari keempat KPI, seluruh KPI tersebut telah terkategori mencapai target, sehingga nilai kinerja HCC bernilai 2,785625907 yang termasuk kedalam kriteria baik.
Sumber Daya Manusia, Cascading Balanced Scorecard, Key Performance Indicators (KPI), Analytical Hierarchi Process (AHP)

Subjek

TOTAL QUALITY MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN ULANG KEY PERFORMANCE INDICATORS DAN ANALISIS PENCAPAIAN KINERJA HUMAN CAPITAL CENTER DENGAN METODE BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS: PT TELKOM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Tya Fitrie Aprilyanti
Perorangan
Budhi Yogaswara, Ir., MT.; Fida Nirmala N., S.Psi., M.Psi.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini