Bank BJB cabang Bogor merupakan Badan Usaha Milik Daerah yang bergerak dibidang perbankan dan memiliki fungsi
untuk pembangunan daerah khususnya untuk wilayah Kota Bogor. Seiring dengan perubahan nama Bank Jawa Barat
dan Banten menjadi Bank BJB, perusahaan dituntut untuk bisa meningkatkan kinerjanya guna menghadapi persaingan
dengan perusahaan lainnya. Tidak hanya dituntut untuk terus meningkatkan kinerja finansialnya, tetapi juga kinerja non
finansial. Untuk meningkatkan kinerja tersebut perusahaan memerlukan suatu sistem pengukuran kinerja yang berguna
sebagai bahan evaluasi berkelanjutan dalam menyususn strategi perusahaan.
Bank BJB cabang Bogor selama ini masih melakukan pengukuran kinerja berdasakan pada profit yang didapatkan
perusahaan. Pengukuran ini tidak dapat mengukur aspek dari kinerja Bank BJB cabang Bogor secara menyeluruh.
Sehingga hasil yang didapatkan kurang memperhatikan aspek non finansial lainnya. Oleh karena itu, dalam penelitian
ini dilakukan pengukuran kinerja perusahaan dengan menggunakan metode Balanced Scorecard yang dapat
mengintegrasikan aspek finansial dan non finansial yang terkait dalam perusahaan. Namun, pendekatan Balanced
Scorecard yang dilakukan hanya difokuskan pada customer perspective dan learning and growth perspectve.
Pengukuran kinerja Bank BJB cabang Bogor diawali dengan proses penjabaran visi, misi dan strategi perusahaan
kedalam sasaran stategis, critical success factor serta indikator keberhasilan. Kemudian dilakukan pembobotan dengan
metode Analytical Hierearchy Process (AHP). Untuk selanjutnya dilakukan pengukuran kinerja perusahaan.
Pengukuran kinerja Bank BJB cabang Bogor berdasarkan pada customer perspective dan learning and growth
Perspective menghasilkan 21 indikator/ukuran keberhasilan. Bobot tertinggi pada critical success factor pada customer
perspective, yaitu: untuk peningkatan kepuasan pelanggan sebesar 28,186%. Sedangkan bobot tertinggi untuk critical
success factor pada learning and growth perspective, yaitu: untuk kinerja karyawan sebesar 24,738%. Pengukuran
kinerja masing-masing perspektif dilakukan dengan menghitung nilai kinerja tiap critical success factor. Hasil akhir
nilai kinerja Bank BJB cabang Bogor dilihat dari customer perspective dan learning and growth perspective adalah
4,11187 dan 4,59380 dengan kategori penilaian baik dan sangat baik. Balanced Scorecard, Customer Perspective, Learning and Grorwth Perspective, Analytical Hierarchi