PENGUKURAN KINERJA BANK BJB CABANG BOGOR DENGAN PENDEKATAN CUSTOMER PERSPECTIVE DAN LEARNING AND GROWTH PERSPECTIVE BALANCED SCORECARD

Rizki Pebrianto

Informasi Dasar

200 kali
112080168
338.76
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bank BJB cabang Bogor merupakan Badan Usaha Milik Daerah yang bergerak dibidang perbankan dan memiliki fungsi untuk pembangunan daerah khususnya untuk wilayah Kota Bogor. Seiring dengan perubahan nama Bank Jawa Barat dan Banten menjadi Bank BJB, perusahaan dituntut untuk bisa meningkatkan kinerjanya guna menghadapi persaingan dengan perusahaan lainnya. Tidak hanya dituntut untuk terus meningkatkan kinerja finansialnya, tetapi juga kinerja non finansial. Untuk meningkatkan kinerja tersebut perusahaan memerlukan suatu sistem pengukuran kinerja yang berguna sebagai bahan evaluasi berkelanjutan dalam menyususn strategi perusahaan.

Bank BJB cabang Bogor selama ini masih melakukan pengukuran kinerja berdasakan pada profit yang didapatkan perusahaan. Pengukuran ini tidak dapat mengukur aspek dari kinerja Bank BJB cabang Bogor secara menyeluruh. Sehingga hasil yang didapatkan kurang memperhatikan aspek non finansial lainnya. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dilakukan pengukuran kinerja perusahaan dengan menggunakan metode Balanced Scorecard yang dapat mengintegrasikan aspek finansial dan non finansial yang terkait dalam perusahaan. Namun, pendekatan Balanced Scorecard yang dilakukan hanya difokuskan pada customer perspective dan learning and growth perspectve.

Pengukuran kinerja Bank BJB cabang Bogor diawali dengan proses penjabaran visi, misi dan strategi perusahaan kedalam sasaran stategis, critical success factor serta indikator keberhasilan. Kemudian dilakukan pembobotan dengan metode Analytical Hierearchy Process (AHP). Untuk selanjutnya dilakukan pengukuran kinerja perusahaan. Pengukuran kinerja Bank BJB cabang Bogor berdasarkan pada customer perspective dan learning and growth Perspective menghasilkan 21 indikator/ukuran keberhasilan. Bobot tertinggi pada critical success factor pada customer perspective, yaitu: untuk peningkatan kepuasan pelanggan sebesar 28,186%. Sedangkan bobot tertinggi untuk critical success factor pada learning and growth perspective, yaitu: untuk kinerja karyawan sebesar 24,738%. Pengukuran kinerja masing-masing perspektif dilakukan dengan menghitung nilai kinerja tiap critical success factor. Hasil akhir nilai kinerja Bank BJB cabang Bogor dilihat dari customer perspective dan learning and growth perspective adalah 4,11187 dan 4,59380 dengan kategori penilaian baik dan sangat baik. Balanced Scorecard, Customer Perspective, Learning and Grorwth Perspective, Analytical Hierarchi

Subjek

Management - accounting
ACCOUNTING,

Katalog

PENGUKURAN KINERJA BANK BJB CABANG BOGOR DENGAN PENDEKATAN CUSTOMER PERSPECTIVE DAN LEARNING AND GROWTH PERSPECTIVE BALANCED SCORECARD
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rizki Pebrianto
Perorangan
Muhamad Iqbal, ST., MM.; Warih Puspitasari, S.Psi., M.Psi.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini