BNP2TKI sebagai lembaga pemerintah non departemen (LPND) yang bertugas
melaksanakan kebijakan dibidang penempatan dan perlindungan Tenaga Kerja
Indonesia secara terorganisasi dan terintegrasi. BNP2TKI dalam usahanya
meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, khususnya para calon TKI adalah
dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, karena sumber daya
manusia inilah yang menjadi titik kekuatan bagi suatu lembaga. Keadaan ini
membuat BNP2TKI harus mengetahui kinerja SDM yang dimilikinya secara
berkala.
Pengukuran kinerja yang digunakan di BNP2TKI selama ini yaitu Daftar
Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3), dimana DP3 ini ternyata masih memiliki
banyak kekurangan dan kurang lengkap karena hanya terfokus pada pengukuran
kinerja individu. Sehingga saat ini dibutuhkan suatu sistem pengukuran kinerja
yang dapat menunjang keseluruhan kebutuhan SDM, demi terwujudnya visi dan
misi BNP2TKI. Salah satu metode pengukuran kinerja SDM yang berkembang
saat ini adalah metode Human Resources Scorecard, yaitu sistem pengukuran
kinerja yang menghubungkan antara pekerja, strategi perusahaan, dan kinerja
melalui empat perspektif, yaitu : perspektif keuangan, perspektif pelanggan,
perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.
Perancangan alat ukur kinerja SDM di BNP2TKI diawali dengan penjabaran visi,
misi, dan strategi BNP2TKI ke dalam sasaran strategis, faktor sukses kritis, dan
tolok ukur strategis. Kemudian dilakukan pembobotan dengan metode Analytical
Hierarchy Process (AHP), selanjutnya dilakukan perancangan alat ukur kinerja
SDM BNP2TKI. Perancangan alat ukur kinerja SDM ini menghasilkan 15 tolok
ukur strategis yang berpengaruh terhadap kinerja lembaga. Tolok ukur yang
memiliki bobot terbesar pada setiap perspektif, akan menjadi tolok ukur utama
atau Key Performance Indicator (KPI).
Pengukuran kinerja SDM secara keseluruhan dilakukan terlebih dahulu dengan
menghitung kinerja masing-masing perspektif. Hasil perhitungan kinerja tiap
perspektif adalah sebagai berikut : 1. Perspektif Keuangan mencapai hasil 3,8605
(Baik), 2. Perspektif Pelanggan mencapai hasil 3,8468 (Baik), 3. Perspektif Proses
Bisnis Internal mencapai hasil 3,7519 (Baik), dan 4. Perspektif Pembelajaran dan
Pertumbuhan mencapai hasil 3,8691 (Baik). Nilai kinerja SDM BNP2TKI adalah
3,83 dan termasuk dalam kategori baik. Perancangan Alat Ukur Kinerja, HR Scorecard, Analytical