PERANCANGAN SISTEM PENJAMINAN MUTU SEKOLAH TINGGI SENI RUPA DAN DESAIN INDONESIA TELKOM DENGAN METODE BENCHMARKING

Ayudita Oktafiani

Informasi Dasar

112081023
620.004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom) merupakan salah satu institusi penyelenggara pendidikan tinggi di Indonesia. Sebagai perguruan tinggi yang memberikan layanan pendidikan, STISI Telkom tidak terlepas dari upaya penjaminan mutu sebagai salah satu cara tanggung jawab kepada publik atas layanan yang diberikan. SPM STISI Telkom didirikan pertama kali pada Mei 2011 dan bertugas untuk menjamin mutu layanan pendidikan sehingga Sisten Penjaminan Mutu Internal (SPMI) sebagaimana dipersyaratkan oleh DIKTI belum terbentuk.

Dalam merancang Sistem Penjaminan Mutu STISI Telkom, digunakan beberapa data, antara lain data kondisi existing, data benchmarking perguruan tinggi lain (IT Telkom, Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya dan ISI Denpasar), standar akreditasi BAN-PT serta klausul ISO 9001:2008. Data tersebut dipergunakan untuk analisis benchmarking, analisis SWOT serta analisis integrasi standar akreditasi BAN-PT dan ISO 9001:2008 yang telah disesuaikan dengan IWA 2:2007.

Analisis benchmarking dilakukan dengan membandingkan Sistem Penjaminan Mutu STISI Telkom dengan Sistem Penjaminan Mutu perguruan tinggi lain. Pada analisis benchmarking hanya digunakan 3 kriteria pembanding yaitu struktur organisasi, siklus penjaminan mutu dan manual mutu. Sedangkan analisis SWOT dilakukan dengan memetakan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang ada di STISI Telkom. Analisis terakhir merupakan analisis integrasi Standar Akreditasi BAN-PT dan ISO 9001:2008 dengan mempertimbangkan kondisi existing STISI Telkom.

Rancangan Sistem Penjaminan Mutu yang diusulkan meliputi (1) Indikator mutu, (2) Daftar prosedur yang dipersyaratkan oleh standar akreditasi BAN-PT dan ISO 9001:2008, (3) Struktur organisasi SPM STISI Telkom, (4) Siklus penjaminan mutu dan (5) format manual mutu. Rancangan ini diharapkan dapat memberikan masukan perbaikan untuk SPM STISI Telkom. Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi, ISO 9001:2008, Benchmarking

Subjek

MEASUREMENT
Measurement - instruments,

Katalog

PERANCANGAN SISTEM PENJAMINAN MUTU SEKOLAH TINGGI SENI RUPA DAN DESAIN INDONESIA TELKOM DENGAN METODE BENCHMARKING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ayudita Oktafiani
Perorangan
Sri Widaningrum, Ir., MT.; Anindita Ayu Primastya, ST.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini