Download musik adalah aktivitas mengunduh musik yang dilakukan oleh penikmat
musik melalui akses internet. Download musik merupakan aktivitas yang dilakukan
untuk memenuhi kebutuhan dalam mencari hiburan, sehingga dibutuhkan layanan
download musik yang sesuai dengan keinginan konsumen musik tersebut. Di
Indonesia telah hadir Layanan download musik legal yang dikenal dengan Melon dan
dikelola oleh perusahaan telekomunikasi yaitu PT Telkom Indonesia.
Layanan download musik legal Melon yang ditawarkan oleh PT Telkom kepada
konsumen belum mencapai target sebanyak 400.000 pengguna dalam pengoperasian
dan juga harus berhadapan dengan layanan download musik ilegal. Hal tersebut
menyebabkan target PT Telkom tidak tercapai dan jumlah pengguna layanan Melon
tersebut belum mencapai apa yang diharapkan perusahaan PT Telkom sehingga
berakibat pada profit perusahaan.
Tugas Akhir ini bertujuan untuk merancang layanan download musik legal Melon
dengan menggunakan metode Conjoint Analysis terhadap preferensi konsumen.
Untuk mengetahui preferensi konsumen, atribut dan stimuli harus dirancang terlebih
dahulu dalam metode ini. Sebelum perancangan stimuli, atribut penyusun stimuli
harus ditentukan melalui studi literatur dan wawancara ke perusahaan PT Telkom.
Dari studi literatur dan wawancara, didapatkan 6 atribut tersebut yakni harga paket
layanan, jenis musik, kualitas suara, batasan file, jenis pembayaran, dan pilihan
preview. Selanjutnya merancang stimuli paket layanan, preferensi konsumen akan
dilihat melalui stimuli yang tercipta dari SPSS Orthoplan sebanyak 16 stimuli atau
rancangan layanan download musik legal Melon. Setelah preferensi konsumen
terkumpul dan diolah melalui metode Conjoint Analysis, tercipta 3 stimuli dengan
nilai utilitas tertinggi dari preferensi konsumen dan juga hasil dari irisan beberapa
segmen konsumen. 3 stimuli tersebut adalah stimuli 10, stimuli 8 dan stimuli 15.
Stimuli 10 merupakan stimuli dengan harga paket layanan Rp 60.000/30 hari,
menggunakan DRM, kualitas lagu CD, file universal, pembayaran melalui tagihan
speedy, dan 30 second preview lagu. Stimuli 8 merupakan stimuli dengan harga paket
layanan Rp 90.000/30 hari, menggunakan DRM, kualitas lagu CD, file universal,
pembayaran melalui pulsa, dan 30 second preview lagu. Stimuli 15 merupakan
stimuli dengan harga paket layanan Rp 60.000/30 hari, Non DRM, kualitas lagu CD,
file universal, pembayaran melalui kartu kredit, dan full preview lagu. Hasil dari 3
stimuli layanan paket Melon ini diharapkan dapat membantu PT Telkom dalam
mencapai target pengguna layanan dan dapat menekan jumlah pengguna download
musik ilegal di Indonesia. Sehingga perancangan layanan ini dapat meningkatkan
loyalitas pelanggan, menarik konsumen baru dan menambah profit lebih bagi
perusahaan terkait yakni PT Telkom Indonesia. preferensi, Conjoint, download musik legal