ANALISIS PREFERENSI LAYANAN DOWNLOAD MUSIK MELON BERDASARKAN METODE CONJOINT ANALYSIS

DAICHI PERMITA

Informasi Dasar

158 kali
112081035
003
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Download musik adalah aktivitas mengunduh musik yang dilakukan oleh penikmat musik melalui akses internet. Download musik merupakan aktivitas yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dalam mencari hiburan, sehingga dibutuhkan layanan download musik yang sesuai dengan keinginan konsumen musik tersebut. Di Indonesia telah hadir Layanan download musik legal yang dikenal dengan Melon dan dikelola oleh perusahaan telekomunikasi yaitu PT Telkom Indonesia.

Layanan download musik legal Melon yang ditawarkan oleh PT Telkom kepada konsumen belum mencapai target sebanyak 400.000 pengguna dalam pengoperasian dan juga harus berhadapan dengan layanan download musik ilegal. Hal tersebut menyebabkan target PT Telkom tidak tercapai dan jumlah pengguna layanan Melon tersebut belum mencapai apa yang diharapkan perusahaan PT Telkom sehingga berakibat pada profit perusahaan.

Tugas Akhir ini bertujuan untuk merancang layanan download musik legal Melon dengan menggunakan metode Conjoint Analysis terhadap preferensi konsumen. Untuk mengetahui preferensi konsumen, atribut dan stimuli harus dirancang terlebih dahulu dalam metode ini. Sebelum perancangan stimuli, atribut penyusun stimuli harus ditentukan melalui studi literatur dan wawancara ke perusahaan PT Telkom. Dari studi literatur dan wawancara, didapatkan 6 atribut tersebut yakni harga paket layanan, jenis musik, kualitas suara, batasan file, jenis pembayaran, dan pilihan preview. Selanjutnya merancang stimuli paket layanan, preferensi konsumen akan dilihat melalui stimuli yang tercipta dari SPSS Orthoplan sebanyak 16 stimuli atau rancangan layanan download musik legal Melon. Setelah preferensi konsumen terkumpul dan diolah melalui metode Conjoint Analysis, tercipta 3 stimuli dengan nilai utilitas tertinggi dari preferensi konsumen dan juga hasil dari irisan beberapa segmen konsumen. 3 stimuli tersebut adalah stimuli 10, stimuli 8 dan stimuli 15. Stimuli 10 merupakan stimuli dengan harga paket layanan Rp 60.000/30 hari, menggunakan DRM, kualitas lagu CD, file universal, pembayaran melalui tagihan speedy, dan 30 second preview lagu. Stimuli 8 merupakan stimuli dengan harga paket layanan Rp 90.000/30 hari, menggunakan DRM, kualitas lagu CD, file universal, pembayaran melalui pulsa, dan 30 second preview lagu. Stimuli 15 merupakan stimuli dengan harga paket layanan Rp 60.000/30 hari, Non DRM, kualitas lagu CD, file universal, pembayaran melalui kartu kredit, dan full preview lagu. Hasil dari 3 stimuli layanan paket Melon ini diharapkan dapat membantu PT Telkom dalam mencapai target pengguna layanan dan dapat menekan jumlah pengguna download musik ilegal di Indonesia. Sehingga perancangan layanan ini dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, menarik konsumen baru dan menambah profit lebih bagi perusahaan terkait yakni PT Telkom Indonesia. preferensi, Conjoint, download musik legal

Subjek

System - analis
Skripsi,

Katalog

ANALISIS PREFERENSI LAYANAN DOWNLOAD MUSIK MELON BERDASARKAN METODE CONJOINT ANALYSIS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DAICHI PERMITA
Perorangan
Mumu Natapriatna, Ir., MBA; M. Dellarosawati I, ST., MBA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini