USULAN PERBAIKAN ALOKASI PENYIMPANAN BARANG JADI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN FSN ANALYSIS PADA GUDANG PT. XYZ

NORA PUTRI CAROLINA

Informasi Dasar

112081100
011.75
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

P T. XYZ merupakan salah satu perusahaan besar farmasi yang berfungsi sebagai distribution center , bergerak dibidang penyimpanan dan distribusi produk farmasi dan kesehatan di Bandung. P enggunaan pallet yang kurang optimal dimana pal let position banyak kosong namun banyak juga pallet yang berada di lantai menyebabkan gudang terlihat memiliki kapasitas lebih ( overstock) dan berantakan sehingga proses picking memakan waktu yang cukup lama.
Langkah awal yang dilakukan adalah memetakan se luruh aliran informasi dan material yang terjadi pada proses di gudang PT. XYZ dengan menggunakan Value Stream Mapping. Selanjutnya, dilakukan pengklasifikasian aktivitas gudang secara detail dengan menggunakan Process Activity Mapping (PAM) . Se telah itu , dilakukan analisis waste dengan menggunakan tools checklist. Hasil analisis waste yang diperoleh waste yang terjadi yaitu waste of motion, waste of transportation, dan waste of motion.
Usulan perbaikan berupa Warehouse Slotting, yaitu klasifikasi produk be rdasarkan karakteristik produk dengan menggunakan FSN Analysis . Pengalokasian produk dalam gudang dilakukan berdasarkan visual control dan kodefika s i. Dari hasil future state map perancangan usulan, dapat disimpulkan bahwa waste yang terjadi di dalam gudang dapat diminimasi sehingga waktu picking berkurang sebesar 17,34% atau s eb e sar 151 , 93 deti k, sedangkan ni l ai value added pada kondisi future state meningkat sebesar 7 % menjadi 18%. Warehouse Slotting, FSN Analysis, Value Stream Mapping, Process Activity Mapping

Subjek

Skripsi
Skripsi, REFERENCE,

Katalog

USULAN PERBAIKAN ALOKASI PENYIMPANAN BARANG JADI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN FSN ANALYSIS PADA GUDANG PT. XYZ
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NORA PUTRI CAROLINA
Perorangan
M. Nashir Ardiansyah, ST .,MT; Budi Santosa, ST
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini