PERANCANGAN SUPERVISORY CONTROL AND DATA ACQUISITION (SCADA) PADA PROSES PEMBUATAN SUSU PASTEURISASI DI PT. XYZ BERBASIS WEBSITE DENGAN MENGGUNAKAN WONDERWARE INFORMATION SERVER

Kievean Kharistia Dharmawan

Informasi Dasar

112090026
005.74
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT XYZ merupakan produsen susu yang menggunakan metode pasteurisasi untuk pengolahan susunya. Sistem produksi yang digunakan PT.XYZ hampir sebagian besar masih menggunakan teknologi manual yaitu dengan memberdayakan pekerja yang dimiliki perusahaan tersebut. Sistem manual yang diterapkan tersebut menyebabkan seringnya terjadi permasalahan kualitas pada produk susu yang dihasilkan. Hal ini disebabkan proses produksi masih sangat bergantung pada kinerja operator. Selain itu kinerja operator juga berpengaruh terhadap produktifitas dari perusahaan. Operator memiliki batasan seperti tingkat kelelahan, emosi, dan ketahanan dalam melakukan produksi. Sistem pelaporan yang digunkan memiliki keterbatasan dalam hal akses dan integrasinya.

Pada penilitan ini akan dilakukan suatu perancangan sistem memiliki kemampuan untuk mengendalikan dan memantau proses produksi susu dilengkapi dengan pelaporan yang terintegrasi. Pengendalian dan pemantuan tersebut menggunakan sistem Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA). SCADA yang dirancang memiliki kemudahan akses bahkan dari jarak jauh. Aplikasi berbentuk website dapat digunakan untuk memberikan kemudahan dalam akses sistem dari jarak yang jauh sekalipun. Oleh karena itu akan dirancang SCADA pada proses pembuatan susu pasteurisasi dapat diakses secara online melalui website.

Perancangan SCADA berbasis website menggunakan Wonderware Information Server (WIS). WIS akan memberikan suatu sistem SCADA yang memiliki fungsi pengendalian dan pemantuan yang dapat dilakukan perusahaan dari jarak jauh, serta dilengkapi pelaporan secara real time dan akurat terhadap informasi yang dibutuhkan perusahaan.

Hasil dari penelitian diperoleh website yang dapat diakses secara online. Perancangan website yang telah dilakukan dapat memberikan fungsi pengendalian dan pemantauan terhadap proses yang ada pada pembuatan susu pasteurisasi. Website juga memiliki kemampuan pelaporan secara cepat, akurat, dan real time.

Website, SCADA, Wonderware Information Server

Subjek

DATA BASE MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN SUPERVISORY CONTROL AND DATA ACQUISITION (SCADA) PADA PROSES PEMBUATAN SUSU PASTEURISASI DI PT. XYZ BERBASIS WEBSITE DENGAN MENGGUNAKAN WONDERWARE INFORMATION SERVER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Kievean Kharistia Dharmawan
Perorangan
Haris Rachmat, ST., MT; Denny Sukma Eka Atmaja, ST
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini