PERENCANAAN PENGADAAN SUKU CADANG UNTUK MESIN SAF-FRO 50 RS (CNC CUTTING) MENGGUNAKAN PENDEKATAN RELIABILITY

SYARIFA FURAIDA

Informasi Dasar

112090032
658.202
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Dok & Perkapalan Kodja Bahari yang bergerak dalam produksi berbagai jenis kapal dapat memenuhi permintaan pesanan karena didukung oleh komponen-komponen perusahaan, salah satunya adalah mesin SAF-FRO RS (CNC CUTTING). Pada mesin SAF-FRO RS (CNC CUTTING) terdapat banyak komponen yang membetuk mesin dan memiliki 14 subsystem yang menyusun mesin. Mesin SAF-FRO RS (CNC CUTTING) berfungsi untuk memotong bahan baku kapal, yaitu plat-plat baja dengan berbagai ukuran menjadi potongan-potongan plat sesuai dengan model yang telah dibuat sebelumnya. Dikarenakan mesin SAF-FRO RS (CNC CUTTING) ini merupakan kunci pokok dari proses produksi dan dituntut agar selalu berada dalam kondisi yang baik maka perlu dilakukan perhitungan jumlah kebutuhan komponen optimasi menggunakan pendekatan reliability untuk mengambil keputusan.

Berdasarkan data-data TTF,pada tahun 2011-2013 maka dapat dilakukan plotting distribusi dan penentuan distribusi yang mewakili. Selanjutnya mengolah data system breakdown structure untuk mendapatkan komponen-komponen yang paling kritis. Komponen kritis di dapat dari perhitungan risk priority number yang didalamnya terdapat nilai severity, occurance dan detection pada level subsystem. Hasil dari perhitungan RPN didapatkan subsystem yang paling kritis adalah subsystem CPM 360 dan motorization.

Hasil pengujian pada komponen kritis komponen berdistribusi berbeda-beda,yaitu distribusi eksponensial dan weilbull.Berdasarkan komponen kritis yang telah ditentukan dengan metode FMEA dikaitkan dengan fungsi laju kerusakan pada metode reliability maka jumlah kebutuhan komponen kritis selama periode waktu satu tahun untuk masing- masing komponen kritis adalah Nozzle sebanyak 749 unit,Electrode 749 unit, Dip tube sebanyak 1 unit,Diffuser sebanyak 124 unit, Seal sebanyak 1 unit, Shield Cup sebanyak 2 unit, Retaining Cup sebanyak 2 unit, Bearing sebanyak 1 unit, Motor Sebanyak 3 unit dan Gearbox sebanyak 1 unit.

Setelah mendapatkan jumlah kebutuhan komponen selama 1 tahun , maka selanjutnya dihitung jumlah pemesanan yang optimal dan titik pemesanan kembali guna meminimumkan biaya total persediaan. Untuk masing-masing komponen kritis hasilnya Nozzle dengan Q=74 dan r=5,Electrode dengan Q=87 dan r=5, Dip tube dengan Q=1 dan r=1 ,Diffuser dengan Q=50 dan r=1,Seal dengan Q=5 dan r=1, Shield Cup dengan Q=3 dan r=1, Retaining Cup dengan Q=2 dan r=1, Bearing dengan Q=1 dan r=1, Motor dengan Q=1 dan r=1 dan Gearbox dengan Q=1 dan r=1. Manajemen Perawatan, Suku Cadang , Reliability , EOQ , reorder point, repairable, non - repairable

Subjek

MAINTENANCE MANAGEMENT
 

Katalog

PERENCANAAN PENGADAAN SUKU CADANG UNTUK MESIN SAF-FRO 50 RS (CNC CUTTING) MENGGUNAKAN PENDEKATAN RELIABILITY
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SYARIFA FURAIDA
Perorangan
Ir. Sutrisno, MSAE; Rd Rohmat Saedudin, ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini