USULAN PERBAIKAN TATA LETAK PABRIK PADA PT. FOXIMAS MANDIRI UNTUK MEMINIMASI MOMEN PERPINDAHAN MATERIAL DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA BLOCPLAN

Galih Septiandy

Informasi Dasar

112090046
658.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Foximas Mandiri merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi berbagai jenis sepatu. Peningkatan jumlah permintaan pada jenis sepatu PDH dan PDL terjadi dalam 3 tahun terakhir hingga mencapai proporsi 80-85% dari seluruh sepatu yang diproduksi. Dalam memenuhi permintaan tersebut PT. Foximas Mandiri memiliki beberapa permasalahan yaitu terdapatnya arus backtracking yang ada pada lantai produksi. Selain itu, untuk dapat mempercepat produksi sepatu PDH dan PDL PT. Foximas Mandiri berencana menambah sejumlah fasilitas yang ada pada lantai produksi.

Berdasarkan permasalahan yang terjadi, maka penelitian yang dilakukan untuk memperbaiki tata letak PT. Foximas Mandiri dengan menggunakan algoritma BLOCPLAN. Algoritma BLOCPLAN bekerja dengan cara membangun dan mengubah tata letak dengan mencari total jarak tempuh yang minimal dengan melakukan pertukaran antar stasiun kerja/fasilitas. Analisis penelitian dengan membandingan tata letak awal terhadap alternatif layout yang dihasilkan dari algoritma BLOCPLAN.

Pada penelitian ini didapatkan hasil layout usulan yang lebih optimal dengan menggunakan algoritma BLOCPLAN yang dibuktikan dengan R-Score 0,97 dan total momen perpindahan sebesar 1120,94 meter/hari pengurangan momen perpindahan sebesar 20,04% jika dibandingkan dengan layout eksisting . Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Algoritma BLOCPLAN dapat meminimasi total momen perpindahan yang ada pada lantai produksi PT. Foximas Mandiri.

Tata Letak, Algoritma BLOCPLAN, Momen Perpindahan, R-Score

Subjek

OPERATIONS MANAGEMENT
 

Katalog

USULAN PERBAIKAN TATA LETAK PABRIK PADA PT. FOXIMAS MANDIRI UNTUK MEMINIMASI MOMEN PERPINDAHAN MATERIAL DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA BLOCPLAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Galih Septiandy
Perorangan
Muhammad Iqbal, ST.,MM.; Ika Arum Puspita,ST
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini