Institut Teknologi Telkom merupakan perguruan tinggi swasta yang didirikan
sejak tahun 2007 ditujukan untuk pengembangan lembaga dan pengembangan
ilmu pendidikan dalam bidang ICT. ISO 9001:2008 merupakan standar mutu
yang sudah diimplementasikan oleh IT Telkom. IT Telkom dalam
penyelenggaraannya tidak terlepas dari upaya peningkatan penjaminan mutu
yang menjadi tanggung jawab IT Telkom kepada publik/stakeholder atas
layanan yang diberikan dan sudah menjadi keharusan karena disesuaikan
dengan UU No.23 dan PP No.19 tentang Sistem Pendidikan.
Dalam merancang Sistem Manajemen Mutu IT Telkom, digunakan beberapa
data, antara lain data kondisi existing, data benchmarking organisasi lain yaitu
PT.Telkom KANDATEL-Jember , klausul ISO 9001:2008 dan Malcolm
Baldrige For Performance Excellence (MBPE) 2011-2012. Data tersebut
dipergunakan untuk analisis integrasi ISO 9001:2008 dan Malcolm Baldrige
For Performance Excellence (MBPE) 2011-2012 dan analisis benchmarking
yang disesuaikan dengan IT Telkom. Analisis Gap Requirement ISO
9001:2008 dan Malcolm Baldrige For Performance Excellence (MBPE) 2011-
2012 kategori 6 , dilakukan dengan mengintegrasi requirement untuk
penyempurnaan SMM IT Telkom.Analisis benchmarking dilakukan dengan
membandingkan Sistem Manajemen Mutu IT Telkom dengan Sistem
Manajemen Mutu organisasi benchmarking yaitu PT.Telkom KANDATELJember.
Hasil dari penelitian ini terbagi menjadi 2 yaitu : (1) Identifikasi requirements
hasil integrasi Malcolm Baldrige for Performance Excellence 2011-2012 dan
ISO 9001:2008 untuk mendapatkan kesesuaian kategori 6 Malcolm Baldrige
for Performance Excellence 2011-2012 dan klausul ISO 9001:2008 dan (2)
Rancangan Sistem Manajemen Mutu IT Telkom berdasarkan integrasi
Requirement ISO 9001:2008 dan Malcolm Baldrige For Performance
Excellence (MBPE) 2011-2012 kategori 6. Hasil rancangan penelitian ini
diharapkan dapat memberikan masukan untuk peningkatan SMM IT Telkom. Sistem Manajemen Mutu, Bechmarking, ISO 9001:2008, MBPE