PENGEMBANGAN KUALITAS LAYANAN E-COMMERCE PERUSAHAAN UNKL347 DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT

AGI MUHAMMAD ABDULLAH

Informasi Dasar

112090054
338.47
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Di era globalisasi sekarang ini, internet merupakan sarana informasi dan komunikasi yang mempunyai pengaruh cukup besar dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Pelaku bisnis merupakan salah satu pihak yang memanfaatkan pesatnya pertumbuhan jumlah pengguna internet untuk melakukan aktivitas operasional dan pemasaran. Salah satu aktivitas pengguna internet di Indonesia yang sedang berkembang pesat adalah online shopping untuk kategori produk fashion.

UNKL347 merupakan salah satu pionir distro yang ada di Bandung. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1996 yang pada awalnya hanya menggunakan toko untuk menjual produknya, tetapi dikarenakan terjadinya perkembangan teknologi yang cukup pesat yang menyebabkan target pelanggan dari Unkl347 banyak melakukan aktivitas dengan menggunakan media internet, maka untuk menjawab fenomena tersebut pada tahun 2011 mereka mulai menambah saluran baru dengan memanfaatkan media internet untuk memasarkan dan menjual produknya, yang pada akhirnya mereka bertujuan meningkatkan profit dengan adanya penambahan saluran penjualan dengan memanfaatkan media internet ini. Tetapi penjualan secara online yang sedang berjalan pada saat ini masih belum efektif. Hal tersebut disebabkan karena masih rendahnya kualitas pelayanan penjualan online yang diberikan UNKL347 kepada pelanggannya. Pemasalahan tersebut dapat diatasi dengan metode Quality Function Deployment.

Tahap awal pada penelitian adalah menentukan true customer needs pelanggan UNKL347, selanjutnya akan dilakukan pendefinisian karakteristik teknis untuk masing-masing true customer needs. Setelah itu dilakukan QFD iterasi pertama untuk menganalisis prioritas perbaikan terhadap karakteristik teknis. Setelah itu dilakukan pengembangan konsep dengan morphological chart yang menghasilkan 3 konsep perbaikan, yaitu konsep 1, konsep 2, dan konsep 3. Lalu dilakukan pemilihan konsep terbaik menggunakan concept screening yang menghasilkan konsep 1 sebagai konsep terbaik. Untuk tahap berikutnya adalah iterasi kedua dari QFD yaitu part deployment yang bertujuan untuk menganalisis prioritas perbaikan terhadap critical part.

Untuk mengatasi permasalahan pada perusahaan UNKL347, dibuat suatu rekomendasi yang dapat menunjang perbaikan pelayanan pada perusahaan UNKL347. Beberapa rekomendasi yang diberikan dalam perbaikan pelayanan antara lain pembuatan database pelanggan, pembuatan tahapan prosedur update informasi, peningkatan jumlah informasi pada media customer service, memperbaiki penjadwalan pengiriman, pemeriksaan jumlah pemeriksaan daftar pengiriman barang, penambahan media daftar informasi produk untuk customer service, dan penambahan jumlah poin informasi produk. Seluruh rekomendasi yang diusulkan telah divalidasi oleh pihak perusahaan dan dinyatakan dapat direalisasikan. Pelayanan, Quality Function Deployment, Concept Generation

Subjek

SERVICE MANAGEMENT
 

Katalog

PENGEMBANGAN KUALITAS LAYANAN E-COMMERCE PERUSAHAAN UNKL347 DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AGI MUHAMMAD ABDULLAH
Perorangan
M. IQBAL, ST., MM.; SARI WULANDARI, ST
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini