PERANCANGAN STANDARD OPERATING PROCEDURE DAN PERSYARATAN LAIN PADA PROSES REALISASI PRODUK BATIK TULIS DI PERUSAHAAN BATIK MAHKOTA UNTUK MEMENUHI REQUIREMENT KLAUSUL 7 ISO 9001: 2008 MENGGUNAKAN METODE BENCHMARKING

Intan Dwiwira Puspitasari

Informasi Dasar

112090064
658.401 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Batik Mahkota merupakan salah satu perusahaan pembuat batik yang ada di Cirebon yang akan menerapkan sistem manajemen mutu pada proses realisasi produk batik tulis berdasarkan standar I SO 9001: 2008. Standar ISO 9001: 2008 mensyaratkan adanya proses bisnis yang terdokumentasi. Namun, proses bisnis Batik Mahkota khususnya pada proses realisasi produk, belum di dokumen tasikan oleh perusahaan sehingga perusahaan perlu mendokumentasikan prose s realisasi produk untuk memenuhi persyaratan standar . Dokumentasi proses bisnis dapat disajikan dalam bentuk SOP ( Standard Operating Procedure ) dan Instruksi Kerja.
Dalam merancang proses bisnis yang disesuaikan dengan standar ISO 9001: 2008, data yang digunakan adalah proses bisnis saat ini, data benchmarking perusahaan lain (Batik Komar dan PT. Clarion) serta klausul 7 ISO 9001: 2008. Data tersebut akan digunakan un tuk identifikasi kesesuaian (GAP) antara proses bisnis saat ini dengan persyaratan standar ISO 9001: 2008 serta untuk kebutuhan analisis metode benchmarking . Hasil identifikasi GAP kemudian akan dijadikan sebagai masukan dalam analisis metode benchmarking , dan hasil dari analisis metode benchmarking akan dijadikan sebagai usulan dalam tahap perancangan proses bisnis Batik Mahkota. Langkah selanjutnya adalah membuat SOP ( Standard Operating Procedure ) untuk mendokumentasikan proses bisnis yang telah sesuai de ngan standar.
Rancangan yang diusulkan dalam penelitian ini adalah (1) proses bisnis dalam realisasi produk batik tulis yang sesuai dengan standar ISO 9001: 2008, (2) SOP yang memuat proses bisnis yang sesuai dengan standar ISO 9001: 2008, yaitu (a) SOP R e ncana Produksi, (b) SOP Penerimaan Pesanan, (c) SOP Pembelian Material (d) SOP Proses Produksi Batik Tulis, (d) SOP Persiapan Awal Produksi, (e) SOP Pembuatan Desain & Motif Batik Tulis , (f) SOP Pengiriman Pesanan dan Penjualan, (g) SOP Penanganan Keluhan Pelanggan, serta (3) Persyaratan lain yang sesuai dengan persyaratan ISO 9001: 2008 klausul 7, yaitu (i) Sasaran dan Persyaratan Mutu Produk, (ii) Instruksi Kerja Pelilinan Batik Tulis, (iii) Instruksi Kerja Pewarnaan, (iv) Instruksi Kerja Pelorodan, Pencucian dan Penjemuran, (v) Instruksi Kerja Quality Control , (vi) Intsruksi Kerja Finishing , (vii) Business Process Mapping . Rancangan ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi perusaha an Batik Mahkota dalam melaksanakan sistem manajemen mutu .
Batik Tulis , Sistem Manajemen Mutu, ISO 9001: 2008, Klausul 7, Proses Realisasi Produk, Benchmarking , Standard Operating Procedure , Instruksi Kerja.

Subjek

QUALITY CONTROL
 

Katalog

PERANCANGAN STANDARD OPERATING PROCEDURE DAN PERSYARATAN LAIN PADA PROSES REALISASI PRODUK BATIK TULIS DI PERUSAHAAN BATIK MAHKOTA UNTUK MEMENUHI REQUIREMENT KLAUSUL 7 ISO 9001: 2008 MENGGUNAKAN METODE BENCHMARKING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Intan Dwiwira Puspitasari
Perorangan
Dr. Dida Diah Damayanti, Ir. ME ng; Sri Widaningrum, Ir., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini