Perancangan Manual Mutu Untuk Memenuhi Requirement ISO 9001:2008 Pada CV. Gradient Dengan Metode Benchmarking

Ayu Putri Wardhani

Informasi Dasar

112090066
658.401 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

CV. Gradient merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang pembuatan suku cadang dari karet dan berbagai jenis plastik (spare part). Kualitas produk merupakan faktor utama dalam proses kerja sebelum produk sampai kepada pelanggan. Untuk mencapai kualitas dari produk yang dihasilkan perlu adanya proses-proses kerja yang terstandarisasi menggunakan prosedur yang terdokumentasi. Perancangan ulang manual mutu yang berbasiskan ISO 9001:2008 merupakan salah satu penerapan Sistem Manajemen Mutu. Untuk mendukung penerapannya, sistem ISO 9001:2008 mempersyaratkan manual mutu tersebut mencakup ruang lingkup, prosedur terkait dan uraian interaksi antar proses.

Perancangan ulang manual mutu CV. Gradient dilakukan dengan mengidentifikasi beberapa data, antara lain persyaratan ISO 9001:2008, kondisi eksisting perusahaan dan data benchmarking perusahaan lain (Clarion dan PT. Cisangkan). Data tersebut digunakan untuk melakukan pengolahan data dengan mengidentifikasi gap yang terjadi antara persyaratan ISO 9001:2008 dengan kondisi sistem pendokumentasian eksisting di CV. Gradient. Sedangkan analisis benchmarking dilakukan dengan membandingkan requirement manual mutu perusahaan lain yang memiliki karakteristik yang sejenis yaitu manufaktur yang core process nya sama. Persyaratan masing-masing klausul ISO 9001:2008 dijadikan sebagai kriteria pembanding pada analisis benchmarking. Hasil analisis gap dan benchmarking yang diperoleh merupakan acuan dalam memberikan perancangan usulan.

Hasil penelitian yang diperoleh untuk memenuhi persyaratan ISO 9001:2008 di CV. Gradient meliputi perancangan manual mutu yang mencakup ruang lingkup, prosedur terkait, uraian interaksi antar proses, struktur organisasi, kebijakan mutu dan sasaran mutu.

Manual Mutu, ISO 9001:2008, Benchmarking

Subjek

QAULITY CONTROL
 

Katalog

Perancangan Manual Mutu Untuk Memenuhi Requirement ISO 9001:2008 Pada CV. Gradient Dengan Metode Benchmarking
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ayu Putri Wardhani
Perorangan
Sri Widaningrum, Ir., MT; Pratya Poeri S, ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini