PENGEMBANGAN METODE PREDIKSI PELANGGAN PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK. DAERAH OPERASIONAL BANDUNG BARAT DENGAN MEMANFAATKAN PROSES DATA MINING

RIZKY FALAHUDIN

Informasi Dasar

90 kali
112090076
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Demi meningkatkan loyalitas pelanggan, pada tahun 2012 PT. Telkom mengeluarkan customer priority program (CPP) yang merupakan sebuah program khusus bagi pelanggan yang memiliki total billing plain old telephone service (POTS), Speedy dan Groovia lebih dari Rp1.000.000. Namun dalam pelaksanaannya, hasil dari prediksi pelanggan program loyalitas yang dilakukan PT. Telkom kurang efektif, melihat jumlah pelanggan program loyalitas yang cenderung turun tiap bulan, sehingga PT. Telkom perlu memperbaiki model prediksi pelanggan.

Neural Network dan Decision Tree merupakan algoritma dalam data mining yang digunakan untuk pemodelan prediksi, sehingga bisa digunakan sebagai model prediksi pelanggan PT. Telkom. Berdasarkan metodologi CRISP-DM, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan sebelum pemodelan yaitu business understanding, data understanding, dan data preparation.

Dalam pemodelan prediksi pelanggan POTS, digunakan 2 atribut yaitu ARPU, dan umur berlangganan. Dari pemodelan dengan Neural Network diperoleh nilai kepentingan kedua prediktor sama, yaitu 50% untuk ARPU, dan 50% untuk umur berlangganan. Dari pemodelan dengan Decision Tree diperoleh prediktor yang memiliki nilai kepentingan paling tinggi adalah umur berlangganan dengan nilai sebesar 57%.

Dalam pemodelan prediksi pelanggan Speedy, digunakan 3 atribut yaitu ARPU, umur berlangganan, dan usage. Dari pemodelan dengan Neural Network diperoleh prediktor yang memiliki nilai kepentingan paling tinggi adalah usage dengan nilai sebesar 55%. Dari pemodelan dengan Decision Tree diperoleh prediktor yang memiliki nilai kepentingan paling tinggi adalah usage dengan nilai sebesar 94%.

Pemilihan model paling baik menggunakan metode Factor Rating, yaitu dengan membandingkan tiga kriteria model prediksi yang baik, yaitu predictive accuracy, robustness, dan interpretability. Dari metode Factor Rating diperoleh bahwa Decision Tree adalah model yang paling baik untuk prediksi pelanggan POTS dan pelanggan Speedy. Data Mining, Decision Tree, Neural Network, Factor Rating, loyalitas, POTS, Speedy

Subjek

DATA MINING
 

Katalog

PENGEMBANGAN METODE PREDIKSI PELANGGAN PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK. DAERAH OPERASIONAL BANDUNG BARAT DENGAN MEMANFAATKAN PROSES DATA MINING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIZKY FALAHUDIN
Perorangan
Dr. Yati Rohayati, Ir., MT; Murahartawaty, ST, MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini