PENGUKURAN TINGKAT EFEKTIVITAS E-LEARNING SOFTWARE SOLIDCAM SEBAGAI ALAT BANTU PEMBELAJARAN PROSES MACHINING UNTUK MAHASISWA TEKNIK INDUSTRI IT TELKOM MENGGUNAKAN TWO WAY ANOVA

Dyah Ayu Imandawati

Informasi Dasar

112090080
005.12
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sumber belajar pada materi sistem CAD/CAM yang ada saat ini masih terbatas, terutama pembelajaran terhadap software SolidCAM. Pembelajaran software SolidCAM membutuhkan partisipasi aktif dari pembelajar. Sehingga dibutuhkan media yang dapat menjadi sarana pembelajar untuk berperan lebih aktif dalam belajar yaitu E-learning. Di IT Telkom sendiri Penggunaan E-learning sebagai media belajar sudah dikembangkan sejak tahun 2009, namun masih banyak mahasiswa yang belum mengerti betul manfaat penggunaan E-learning sebagai media belajar yang efektif. kegiatan praktikum yang mengedepankan pembelajaran mengenai software juga masih hanya menggunakan media belajar konvensional seperti modul dan Slideshow.

Penelitian ini dilakukan untuk mengukur tingkat efektivitas media pembelajaran E-learning dibandingkan dengan media pembelajaran konvensional. penelitian dibagi berdasarkan perlakuan yang diberikan kepada mahasiswa yaitu perlakuan media belajar E-learning sebagai kelas eksperimen dan perlakuan dengan media belajar konvensional sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan dengan mengadakan pretest kepada mahasiswa. Kemudian mengimplementasikan aplikasi E-learning kepada beberapa sampel mahasiswa dan membandingkannya dengan pembelajaran menggunakan media belajar konvensional. Setelah tahap implementasi dilakukan, kemudian dilakukan evaluasi dengan melakukan posttest.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil nilai gain ternormalisasi mahasiswa yang menggunakan media pembelajaran E-learning lebih tinggi yaitu 0,603 dari mahasiswa yang menggunakan media konvensional yaitu 0,505. Berdasarkan jenis kelamin diperoleh hasil bahwa pada kelas kontrol nilai rata-rata posttest peserta laki-laki adalah 71,4 dan peserta perempuan adalah 69,33, sedangkan pada kelas eksperimen hasil nilai rata-rata posttest laki-laki dan perempuan sama yaitu 77,2. Kemudian digunakan pengujian two way ANOVA untuk menguji perbedaan hasil belajar pada mahasiswa yang menggunakan media E-learning dan yang menggunakan media konvensional (f1), perbedaan hasil belajar mahasiswa jenis kelamin laki-laki dan perempuan (f2), dan interaksi antara penggunaan media belajar dan jenis kelamin (f3). Dari hasil perhitungan menggunakan Analisis Variansi dua arah, diperoleh hasil fhitung untuk f1 adalah 0,128, f2 adalah 0,478 dan f3 adalah 0,014. Dimana nilai ftab adalah 5,12 sehingga diketahui bahwa keputusan kepada semua hipotesis adalah terima H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang menggunakan media Elearning dan media konvensional dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan yaitu media E-learning lebih efektif dibandingkan media konvensional baik terhadap laki-laki maupun perempuan Media pembelajaran, E-learning, Konvensional, Hasil Belajar

Subjek

SOFTWARE SYSTEM ANALYSIS
 

Katalog

PENGUKURAN TINGKAT EFEKTIVITAS E-LEARNING SOFTWARE SOLIDCAM SEBAGAI ALAT BANTU PEMBELAJARAN PROSES MACHINING UNTUK MAHASISWA TEKNIK INDUSTRI IT TELKOM MENGGUNAKAN TWO WAY ANOVA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dyah Ayu Imandawati
Perorangan
Rino Andias Anugraha, ST., MM; Murni Dwi Astuti, ST
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini