PERANCANGAN USER REQUIREMENT SPECIFICATION (URS) SISTEM OTOMATISASI PROSES PEMBUATAN SUSU PASTEURISASI DI PT XYZ

EVY PUTRI KHAIRUNISA

Informasi Dasar

112090091
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sistem otomatisasi memerlukan biaya investasi yang besar dan dalam pemanfaatannya mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, oleh karena itu pengguna sistem kontrol otomasi yaitu industri manufaktur sebagai end user sistem memerlukan suatu perencanaan dan perancangan sistem otomatisasi yang stabil untuk diterapkan. Perancangan sistem otomatisasi yang stabil sangat diperlukan karena jika sistem dan proses kerja yang diterapkan tidak stabil, maka diperlukan redesign terhadap sistem yang telah dibuat berupa penambahan perangkat keras (hardware) dan perangkat pemrograman ulang terhadap sistem yang sudah ada dan semua hal tersebut berakibat pada meningkatnya jumlah biaya yang dikeluarkan. User Requirement Specification (URS) sangat menentukan keberhasilan dalam pengoperasian plant di manufaktur serta menentukan kinerja dan daya saing industri manufaktur tersebut.

Peran URS memerlukan suatu pemahaman yang komprehensif mengenai permasalahan dan kebutuhan dari sistem kontrol otomatisasi yang diperlukan oleh end user guna menentukan solusi yang dapat dikembangkan. URS melakukan prediksi dan analisa mengenai perilaku proses produksi yang terjadi sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh end user, hasil analisa tersebut menghasilkan suatu alur proses berupa Piping and Instrumental Diagram (P&ID) yang dapat memperjelas pemahaman akan sistem kontrol otomatisasi baik bagi end user maupun pengembang (URS). Setelah diketahui alur prosesnya maka dapat dibuat dan diketahui spesifikasi kebutuhan yang diinginkan oleh end user, pada spesifikasi kebutuhan dideskripsikan fungsionalitas dari sistem perangkat keras (hardware) yang digunakan secara lengkap dan jelas, sehingga dapat berfungsi sebagai acuan dalam sistem kontrol otomatisasi.

Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa perancangan simulasi sistem otomatisasi proses pembuatan susu pasteurisasi berbasis User Requirement Specification (URS) berhasil dirancang. Hasil penelitian berupa Process Description, Process and Instrument Diagram (P&ID) dan Control Philosophy pada proses cooking dan mixing, proses pengemasan (bottling process) dan proses pengepakan (packaging

Otomatisasi, URS, Process Description, P&ID, Control Philosophy

Subjek

AUTOMATIC CONTROL ENGINEERING
 

Katalog

PERANCANGAN USER REQUIREMENT SPECIFICATION (URS) SISTEM OTOMATISASI PROSES PEMBUATAN SUSU PASTEURISASI DI PT XYZ
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

EVY PUTRI KHAIRUNISA
Perorangan
Haris Rachmat, ST., MT; Denny Sukma Eka Atmaja, ST
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini