PERANCANGAN STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) DAN KEBIJAKAN LAINNYA UNTUK MEMENUHI REQUIREMENT KLAUSUL 4, 5 DAN 6 ISO 9001:2008 DI SMK TELKOM BANDUNG DENGAN METODE BENCHMARKING

Vidy Gallantso Nobel

Informasi Dasar

134 kali
112090145
011.75
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Indonesia yang tergabung dalam AFTA sejak tahun 2003 dan rencana AFTA dalam memberlakukan APEC pada tahun 2020 mendatang menuntut Pemerintah Indonesia untuk dapat menghasilkan Sumber Daya Manusia berkualitas agar dapat bersaing dengan Sumber Daya Manusia dari negeri tetangga yang juga tergabung dalam AFTA. Seperti diketahui Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia merupakan penyedia sumber daya manusia terbanyak kedua setelah universitas, SMK Telkom Bandung merupakan sekolah menengah kejuruan yang didirikan untuk memberikan layanan pendidikanberkualitas bagi lulusan sekolah menengah pertama di Indonesia. SMK Telkom Bandung berdiri pada tahun 2013 dan berusaha membangun Sistem Manajemen Mutu yang baik untuk memenuhi tanggung jawab Yayasan Telkom dalam menjaga mutu pendidikan serta memberikan jaminan akan menghasilkan Sumber Daya Manusia berkualitas. Disamping itu Pemerintah Indonesia juga menetapkan bahwa setiap Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia harus telah terakreditasi BAN-S/M pada tahun 2014.
Dalam merancang Sistem Manajemen Mutu di SMK Telkom Bandung diperlukan Standart ISO 9001:2008 yang digunakan untuk melakukan perbaikan secara berkesinambungan dan dibutuhkan juga standar akreditasi BAN-S/M yang merupakan persyaratan dari Pemerintah Indonesia untuk memastikan bahwa SMK Telkom Bandung telah memenuhi standar akreditasi nasional. Penelitian dilakukan menggunakan metode benchmarking dengan mengambil best practiceSistem Manajemen Mutu dari SMKN 1 Seyegan dan SMK Bina Warga Bandung yang masing-masing telah tersertifikasi Standar ISO 9001:2008.
Penelitian Sistem Manajemen Mutu di SMK Telkom Bandung menghasilkan Standard Operating Procedure (SOP) dan Kebijakan Lainnya untuk memenuhi requirement klausul 4, 5, dan 6 standart ISO 9001:2008 yang digunakan sebagai bagian dari Sistem Manajemen Mutu di SMK Telkom Bandung. Usulan yang dihasilkan dari penelitian Sistem Manajemen Mutu di SMK Telkom Bandung meliputi Prosedur Tinjauan Manajemen, Prosedur Sumber Daya Manusia, Prosedur Kompetensi, Kepedulian dan Pelatihan, Prosedur Sarana dan Prasarana, Prosedur Lingkungan Kerja, Kebijakan Mutu, Sasaran Mutu, dan Uraian Jabatan. Sistem Manajemen Mutu,Standard Operating Procedures, ISO 9001:2008, Benchmarking, BAN-S/M, SMK Telkom Bandung

Subjek

STANDARD OPERATING PROCEDURE
STANDARD OPERATING PROCEDURE, Skripsi, REFERENCE,

Katalog

PERANCANGAN STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) DAN KEBIJAKAN LAINNYA UNTUK MEMENUHI REQUIREMENT KLAUSUL 4, 5 DAN 6 ISO 9001:2008 DI SMK TELKOM BANDUNG DENGAN METODE BENCHMARKING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Vidy Gallantso Nobel
Perorangan
Sri Widaningrum, Ir., MT; Pratya Poeri, ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini