PERANCANGAN USER REQUIREMENTS SPECIFICATION (URS) SISTEM OTOMASI PADA STASIUN KERJA CLAY CUTTING, FORMING DAN STEAMING DI PT. ABC

Nadya Zikra

Informasi Dasar

112090155
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penggunaan teknologi otomasi yang memiliki keuntungan dalam peningkatan kualitas produk menyebabkan banyaknya industri manufaktur yang mulai beralih menggunakan teknologi otomasi. Industri manufaktur keramik tableware merupakan salah satu industri yang berlomba-lomba menghasilkan kualitas produk yang lebih akurat dan presisi. Akan tetapi dalam penerapannya, sistem otomasi pada industri manufaktur memerlukan suatu perancangan sistem yang baik untuk mengurangi redesign sistem otomasi. Perancangan sistem otomasi yang diperlukan yaitu kumpulan informasi yang dibutuhkan oleh end user serta integrator agar komunikasi yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar.
Penelitian ini difokuskan pada perancangan User Requirements Specification (URS) yang berisi kumpulan informasi yang dibutuhkan untuk merancang sistem otomasi di industri manufaktur. Kumpulan informasi yang berisi urutan proses produksi pada industri manufaktur dijelaskan pada dokumen process description. Dokumen ini berfungsi agar seluruh stakeholder dapat mengetahui urutan proses yang terjadi pada suatu produk mulai dari raw material hingga menghasilkan suatu produk yang memiliki nilai tambah. Sedangkan untuk mengetahui jenis-jenis equipment yang digunakan pada industri manufaktur, dokumen control philosophy dapat digunakan sebagai tools untuk mendokumentasi segala keputusan pada sistem otomasi. Aliran listrik yang terdapat pada setiap equipment digambarkan pada suatu electrical diagram sehingga integrator dapat lebih mudah dalam membuat sistem kontrol otomasi. Dokumen-dokumen tersebut menjadi alat komunikasi antara end user pada industri manufaktur keramik tableware dan perancang sistem kontrol (integrator) sehingga perancangan otomasi yang dilakukan sesuai dengan keinginan industri manufaktur.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa perancangan User Requirements Specification (URS) sistem otomasi proses pembuatan plate berhasil dirancang. Hasil penelitian terdiri dari penjelasan process description, gambaran electrical diagram dan control philosophy pada proses pemotongan batangan clay (clay cutting), proses penyetakan plate (forming), dan proses penguapan plate (steaming).
URS, Process Description, Elecrical Diagram, Control Philosophy

Subjek

Automatic control engineering
 

Katalog

PERANCANGAN USER REQUIREMENTS SPECIFICATION (URS) SISTEM OTOMASI PADA STASIUN KERJA CLAY CUTTING, FORMING DAN STEAMING DI PT. ABC
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Nadya Zikra
Perorangan
Haris Rachmat, ST., MT; Denny Sukma Eka Atmaja, ST
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini