PERANCANGAN STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) WAJIB PUSKESMAS BOJONGSOANG UNTUK MEMENUHI REQUIREMENT ISO 9001:2008 MENGGUNAKAN METODE BENCHMARKING

Husnul Aqib

Informasi Dasar

112090161
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Puskesmas Bojongsoang merupakan salah satu lembaga pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada masyarakat. Puskesmas ini diselenggarakan berdasarkan ijin dari Pemda Kabupaten Bandung dan efektif beroperasi sejak 27 Januari 2010 serta berlokasi di Jalan Raya Bojongsoang. Puskesmas Bojongsoang adalah puskesmas non-perawatan yang memberikan enam pelayanan dasar yang dilaksanakan berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan.

Pada tahun 2013 Pemda Kabupaten Bandung mencanangkan program penerapan standar internasional ISO 9001:2008 di setiap sektor unit pelayanan yang dimilikinya, termasuk puskesmas. Puskesmas Bojongsoang sebagai puskesmas yang berada di wilayah Kabupaten Bandung, untuk itu perlu untuk menyiapkan diri serta merancang sistem manajemen mutu yang mengacu pada ISO 9001:2008 untuk mendukung program yang dicanangkan oleh Pemda Kabupaten Bandung.

Standar ISO 9001:2008 merupakan sebuah standar untuk menerapkan sistem manajemen mutu. Salah satu persyaratannya adalah harus merancang, menetapkan, memelihara, dan mendokumentasikan enam prosedur yang diwajibkan oleh standar ISO 9001:2008. Prosedur yang dimaksud adalah prosedur pengendalian dokumen, prosedur pengendalian rekaman, prosedur audit mutu internal, prosedur tindakan perbaikan, dan prosedur tindakan pencegahan.

Dalam melakukan perancangan prosedur tersebut digunakan beberapa data antara lain; kondisi existing (struktur organisasi, pemetaan proses bisnis, dan data terkait prosedur wajib) dan data benchmarking dari puskesmas mitra benchmark (Puskesmas Pasundan dan Puskesmas Margahayu), dan klausul ISO 9001:2008. Data tersebut digunakan untuk identifikasi dan analisis gap serta analisis benchmarking.

Analisis gap dipergunakan untuk memperoleh gap yang diketahui dari perbandingan antara kondisi existing Puskesmas Bojongsoang dengan klausul ISO 9001:2008. Sedangkan analisis benchmarking adalah membandingkan prosedur yang ditetapkan oleh puskesmas mitra benchmark yang kemudian menghasilkan usulan perancangan standard operating procedures.

Hasil rancangan yang diusulkan dalam penelitian ini adalah; (1) SOP Pengendalian Dokumen dan Rekaman, (2) SOP Audit Mutu Internal (3) SOP Pengendalian Produk Tidak Sesuai, dan (4) SOP Tindakan Perbaikan dan Tindakan Pencegahan.

Standard Operating Procedures, ISO 9001:2008, Benchmarking

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

PERANCANGAN STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) WAJIB PUSKESMAS BOJONGSOANG UNTUK MEMENUHI REQUIREMENT ISO 9001:2008 MENGGUNAKAN METODE BENCHMARKING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Husnul Aqib
Perorangan
Sri Widaningrum, M. Iqbal
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini