PERANCANGAN SISTEM PERPINDAHAN MATERIAL DI PT.AGRONESIA DIVISI INKABA MENGGUNAKAN PENDEKATAN GENERAL ANALYSIS PROCEDURE

Gumilang Cahya Prayoga

Informasi Dasar

112090167
658.781
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT.Agronesia Divisi INKABA adalah badan usaha milik daerah yang bergerak di bidang produksi barang-barang berbahan dasar karet. Produk-produk karet dari PT.Agronesia Divisi INKABA memiliki berat yang beragam, dari mulai 2 kg sampai 2 ton. Produk yang memiliki tren terus meningkat dari segi pesanan adalah produk Fender Cell SUC 1250 dan Pad Shoe. Keberagaman produk yang dihasilkan tersebut berdampak pada beragamnya alur, beban serta peralatan dari perpindahan material. Hal-hal tersebut berakibat pada terjadinya backtracking serta crosstracking dalam alur perpindahan, beban pembawaan material yang tidak terencana dengan baik yang berakibat pada tingginya frekuensi perpindahan. Dan juga pada tahun 2013 ini perusahaan menginginkan adanya penambahan ataupun pergantian dari beberapa peralatan untuk mendukung sistem produksi.

Pada Penelitian ini pendekatan yang dipakai adalah General Analysis Procedure. Pendekatan ini menekankan pada analisis menyeluruh mengenai elemen-elemen yang mempengaruhi sistem perpindahan material. Peralatan, alur, dan beban perpindahan adalah beberapa elemen yang akan menjadi keluaran dengan analisis dari pendekatan General Analysis Procedure ini.

Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah usulan pembelian platform truck dan penggantian pemakaian forklift dengan crane, beban perpindahan yang sesuai dan meningkatkan efisiensi perpindahan sebesar 47% dari mesin kneader, 50% dari gudang compound, dan 75% dari mesin open mill, serta alur material yang meminimalkan backtracking dan cross tracking. Semua usulan tersebut dihimpun dalam besaran biaya perpindahan atau Activity Cost Determination yang mana dapat mereduksi biaya perpindahan sebesar 6% untuk produk Fender Cell SUC 1250 dan 7% untuk produk Pad Shoe. Material Handling, Equipment, Flow, Unit Load, Material Handling Cost

Subjek

MATERIAL MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM PERPINDAHAN MATERIAL DI PT.AGRONESIA DIVISI INKABA MENGGUNAKAN PENDEKATAN GENERAL ANALYSIS PROCEDURE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Gumilang Cahya Prayoga
Perorangan
Muhammad Iqbal, Ika Arum Puspita
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini