PERANCANGAN SCADA PADA PROSES PEMBUATAN AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) 19 LITER DILENGKAPI ACTIVE FACTORY SEBAGAI PELAPORAN OFFLINE SECARA OTOMATIS DAN BERKALA DI PT ABC

Subhan Riyandi

Informasi Dasar

112091012
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada era industri modern ini teknologi informasi dan elektronika berkembang semakin pesat. Kemajuan tersebut mendorong perusahaan untuk mendapatkan hasil efektif dan efisien dalam meningkatkan produktifitas. Salah satunya yaitu dengan menerapkan sistem otomatisasi terhadap lantai produksinya. Untuk dapat menerapkan sistem otomatisasi dibutuhkan Progammable Logic Controllers (PLC) sebagai otak dari sistem tersebut. Namun apabila kompleksitas plant relatif tinggi maka untuk mengontrol dan memonitoring plant dibutuhkan sistem Supervisory Control and Data Acquisition) SCADA. Sistem SCADA mempunyai banyak keuntungan bagi perusahaan yang menggunakannya.
Dalam perancangan sistem SCADA pada proses pembuatan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) 19 liter dengan menggunakan Software Wonderware Intouch yang dilengkapi Active Factory sebagai pelaporan offline secara otomatis dan berkala di PT ABC. Proses pembuatannya diawali dari proses Filtering, setelah itu menuju proses Bottling yang terdiri dari Washing, Filling dan capping. pada proses pelaporan menggunakan metode Generic Data Grid sehingga dapat ditampilkan langsung oleh Microsoft Excell untuk memudahkan perusahaan dalam pengambilan data event, user, dan alarm yang nantinya dapat dijadikan acuan dalam penanganan permasalahan yang ada selama proses produksi. Setelah perancangan selesai, dilakukan pengujian yang akan dibuat Simulator Plant sebelum diterapkan pada kondisi real.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa perancangan sistem SCADA pada proses pembuatan Air Minum Dalam Kemasan 19 liter yang dilengkapi Active Factory sebagai pelaporan offline secara otomatis dan berkala telah berhasil dirancang. Dengan adanya sistem SCADA ini diharapkan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada pada PT ABC ini. Dengan memanfaatkan Active Factory dan Generic Data Grid dapat memudahkan user pada PT ABC dalam pembuatan laporan secara realtime maupun historical dalam bentuk file Microsoft Excel dan dapat dicetak sebagai bukti aktifitas produksi.
SCADA, HMI, Active Factory, Generic Data Grid

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

PERANCANGAN SCADA PADA PROSES PEMBUATAN AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) 19 LITER DILENGKAPI ACTIVE FACTORY SEBAGAI PELAPORAN OFFLINE SECARA OTOMATIS DAN BERKALA DI PT ABC
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Subhan Riyandi
Perorangan
Haris Rachmat, Denny Sukma Eka Atmaja
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini