PERANCANGAN MANUAL MUTU PUSKESMAS BOJONGSOANG UNTUK MEMENUHI REQUIREMENT ISO 9001:2008 MENGGUNAKAN METODE BENCHMARKING

Akmal Fauzan

Informasi Dasar

112091015
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Puskesmas Bojongsoang merupakan salah satu lembaga pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada masyarakat. Puskesmas ini diselenggarakan berdasarkan ijin dari Pemda Kabupaten Bandung dan efektif beroperasi sejak 27 Januari 2010 serta berlokasi di Jalan Raya Bojongsoang.
Pada tahun 2013 Pemda Kabupaten Bandung mencanangkan program penerapan standar internasional ISO 9001:2008 di setiap sektor unit pelayanan yang dimilikinya, termasuk puskesmas. Puskesmas Bojongsoang sebagai puskesmas yang berada di wilayah Kabupaten Bandung, untuk itu perlu untuk menyiapkan diri serta merancang sistem manajemen mutu yang mengacu pada ISO 9001:2008 untuk mendukung program yang dicanangkan oleh Pemda Kabupaten Bandung. Standar ISO 9001:2008 merupakan sebuah standar untuk menerapkan sistem manajemen mutu. Salah satu persyaratannya adalah organisasi harus menetapkan dan memelihara manual mutu.
Dalam melakukan perancangan manual mutu Puskesmas Bojongsoang, digunakan beberapa data antara lain; data kondisi existing (visi dan misi, stuktur organisasi, proses bisnis dan data yang terkait dengan manual mutu yang ada di Puskesmas Bojongsoang), data benchmarking puskesmas lain (Puskesmas Pasundan dan Puskesmas Margahayu Raya), dan standar ISO 9001:2008. Data tersebut digunakan untuk identifikasi dan analisis gap serta analisis benchmarking
Analisis gap digunakan untuk memperoleh gap yang didapat dengan mengamati kondisi existing Puskesmas Bojongsoang dengan klausul ISO 9001:2008. Sedangkan analisis benchmarking adalah membandingkan manual mutu yang ditetapkan oleh puskesmas mitra benchmark yang menghasilkan usulan perancangan manual mutu.
Rancangan manual mutu yang diusulkan berisi: (1) struktur organisasi sistem manjemen mutu, (2) kebijakan mutu, sasaran mutu, ruang lingkup sistem manajemen mutu dan pengecualian, prosedur terdokumentasi terkait, dan business process mapping, serta (3) siklus/ interaksi antar sistem manajemen mutu. Rancangan ini diharapkan dapat memberikan masukan perbaikan untuk Puskesmas Bojongsoang. Manual Mutu, ISO 9001:2008, Benchmarking

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

PERANCANGAN MANUAL MUTU PUSKESMAS BOJONGSOANG UNTUK MEMENUHI REQUIREMENT ISO 9001:2008 MENGGUNAKAN METODE BENCHMARKING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Akmal Fauzan
Perorangan
Sri Widaningrum, Muhammad Iqbal
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini