PT Metra Digital Media (PT MD Media) merupakan salah satu provider layanan
mobile advertising di Indonesia dibawah naungan Telkom Group. PT MD Media saat ini mulai mengembangkan layanan baru dari yang bersifat printed media solution menuju portofolio digital media solution seperti mobile advertising.
Salah satu layanan mobile advertising yang dikembangkan oleh PT MD Media adalah layanan short message service (SMS).
Layanan SMS iklan broadcast di PT MD Media mengalami penurunan revenue yang cukup signifikan pada tahun 2013. Berdasarkan survei pendahuluan diketahui beberapa keluhan penerima iklan terhadap layanan SMS iklan
broadcast. Selain itu berdasarkan hasil depth interview dengan pihak marketing PT MD Media diketahui bahwa pengiklan masih ragu terhadap efektifitas layanan SMS iklan broadcast. Faktor lain penyebab turunnya revenue layanan SMS iklan
broadcast adalah persaingan yang meningkat.
Metode Quality Function Deployment (QFD) merupakan metode peningkatan kualitas layanan yang dilakukan berdasarkan input voice of customer, voice of engineer dan benchmark terhadap pesaing layanan serupa. Pengolahan data peningkatan kualitas layanan SMS iklan broadcast dilakukan sampai pada QFD iterasi kedua yaitu perumusan spesifikasi teknis.
Hasil penelitian sebelumnya menggunakan metode Mobile Servqual dan Model Kano diperoleh 13 atribut kebutuhan yang menjadi true customer needs layanan SMS iklan broadcast. Kemudian pengolahan data menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) diperoleh 7 karakteristik teknis dan 16 critical part
yang perlu dikembangkan untuk peningkatan kualitas layanan SMS iklan
broadcast.
PT MD Media, layanan SMS iklan broadcast, revenue, metode QFD, true customer needs, karakteristik teknis, critical part.