ANALISIS KEBUTUHAN PELANGGAN LAYANAN INDONESIA WIFI DI JAKARTA MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL DAN MODEL KANO

PUTU EKA PURNAMA WIDYA GUNAWAN

Informasi Dasar

192 kali
112091036
011.75
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ndonesia Wifi adalah salah satu layanan internet publik tanpa kabel menggunakan teknologi Wifi / hotspot . Dik embangkannya Indonesia Wifi dalam rangka meningkatkan jumlah pelanggan hingga mencapai 20 juta pada 2015 mendatang dan untuk mendukung program percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia di bidang ICT. Namun dalam rangka mendukung program percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia di bidang ICT, fasilit as dan kualitas jaringan Indonesia Wifi yang ada di DKI Jakarta masih belum memenuhi. Dengan hasil survei pendahuluan yang diambil dari 20 responden yang mengetahui Indonesia Wif i . Dapat diketahui beberapa keluhan yaitu : kecepatan, frekuensi disconnection , kestabilan jaringan, jangkauan jaringan, kurangnya informasi . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atribut kebutuhan pengguna layanan Indonesia Wifi yang dapat direkomendasikan kepada perusahaan dalam menyusun standar kualitas layanan Indon esia Wifi dengan menggunakan metode servqual dan model Kano. Penelitian ini dilakukan dengan mengukur kepuasan serta preferensi pelanggan terhadap 19 atribut kebutuhan yang telah ditentukan berdasarkan metode servqual, hasil penelitian terkait yang dilakukan oleh Fajar Arfiandi, Renny Purwadani, Tiara Pratiwi dan rekomendasi

ITU

T G.1000. Berdasarkan hasil pengolahan data kuesioner servqual diperoleh 3 atribut yang telah memberikan kepuasan kepada pelanggan dan 16 atribut yang belum dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan. Berdasarkan hasil pengolahan data kuesioner model Kano, diperoleh 14 atribut dengan kategori must be , 1 atribut dengan kategori attractive , dan 4 atribut dengan kategori one dimensional. Setelah dilakukan integrasi hasil pengola han data servqual dan model Kano , didapatkan 16 atribut yang merupakan true customer needs . Rekomendasi untuk perbaikan kualitas layanan terdiri dari 11 atribut must be yang harus ditingkatkan karena belum memenuhi harapan pelanggan saat ini. Terdapat 4 atribut one dimensional yang harus ditingkatkan karena belum memenuhi harapan pelanggan. Dan 1 atribut Attrative yang jika dikembangkan akan menjadi daya tarik atau nilai tambahan dan dapat mendongkrak kualitas dari layanan Indonesia Wifi In donesia Wifi, Servqual , Model Kano, Standar Kualitas

Subjek

Skripsi
Skripsi, REFERENCE,

Katalog

ANALISIS KEBUTUHAN PELANGGAN LAYANAN INDONESIA WIFI DI JAKARTA MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL DAN MODEL KANO
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PUTU EKA PURNAMA WIDYA GUNAWAN
Perorangan
Ir. Farda Hasun, M.Sc; -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini