Kartu AS adalah salah satu produk
dari Telkomsel yang ditujukan untuk melayani
segmen menengah ke bawah seperti pelajar dan berpenghasilan tidak tetap. Kartu AS merupakan kartu seluler prabayar dengan beberapa keunggulan terutama dari sisi tarif yang murah, jangkauan luas dan bebas roaming
nasional. Kartu AS
memberikan layanan terbaik yang didasarkan pada pemenuhan keinginan
konsumen. Walaupun dengan tariff yang murah di banding dengan ke dua produk
Telkomsel lainnya, kartu AS tetap mampu bersaing di tengah
tengah persaingan
provider di Ind
onesia Tetapi, performansi kartu AS agak sulit untuk diketa
h
ui
dikarenakan dalam pelaporan keuangan perusahaan mas
ih menggabungkan tiga
produknya sehingga pada penelitian ini dilakukan perhitungan untuk mengetahui
performansi dari kartu AS
Pada penelitian
ini, di lakukan analisis profitabilitas kartu AS untuk
melihat bagaimana performansi produk berdasarkan biaya jaringannya.
Berdasarkan
Fully Distributed Cost
di lakukan perhitungan alokasi biaya untuk
tahun 2009
2013
dan dibandingkan dengan
revenue
yang
d
iperoleh selama lima
tahun sehingga
diperoleh besar gross profit yang dihasilkan kartu AS. Dari
profitabilitas di lakukan analisis beserta kondisi kompetitor dan membentuk
strategi usulan yang mungkin bisa di gunakan perusahaan untuk membantu
mempertahanka
n posisinya antar persaingan kompetitor berdasarkan analisis
Porter dan SWOT
Dari hasil perhitungan, di peroleh bahwa performansi kartu AS yang dapat
dilihat dari
gross profit margin
kartu AS naik turun yaitu tahun 2009
2010 turun
sebesar 13%, tahun 2010
2011 turun sebesar 10%, tahun 2011
2012 naik sebesar
11%, t
ahun 2012
2013 turun sebesar 3%.
Kondisi ini menunjukkan bahwa
keadaan operasi perusahaan tidak stabil. Fully Distributed Cost , Revenue, Profitabilitas, Asset, Gross Profit Margin, R eturn On Assets, Model Porter, SWOT