Website pariwisata merupakan salah satu penggunaan teknologi yang berfungsi untuk meningkatkan hubungan pariwisata, membantu perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata untuk meningkatkan proses bisnis, serta meningkatkan proses knowledge-sharing. Menurut Murtadho, dkk., 2012, pembuat website pariwisata berasumsi terhadap keinginan wisatawan yang harus diakomodir oleh website yang akan dibuat, tanpa adanya studi terhadap layanan yang sebenarnya diinginkan dan dibutuhkan oleh wisatawan. Untuk itu, perlu dilakukan analisis yang membahas keinginan dan kebutuhan wisatawan terhadap website pariwisata. Adanya keluhan wisatawan dan perbedaan informasi yang diberikan setiap website pariwisata, menyatakan bahwa website pariwisata perlu meningkatkan kualitas. Penyebab utama dari masalah ini karena tidak adanya standarisasi yang diterapkan untuk setiap website pariwisata. Oleh karena itu, penelitian ini mengharapkan dapat menemukan atribut kebutuhan wisatawan yang akan digunakan sebagai titik acuan dalam membantu pembuatan standarisasi website pariwisata.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi true customer needs layanan website pariwisata sehingga dapat diketahui kebutuhan pelanggan yang perlu diprioritaskan untuk meningkatkan kualitas layanan. Penelitian ini menggunakan integrasi E-Servqual dan Model Kano untuk memperoleh true customer needs. Tingkat kepuasan wisatawan terhadap layanan yang diberikan dapat diukur menggunakan E-Servqual, sedangkan melalui model Kano akan diketahui hubungan antara kepuasan wisatawan dengan upaya pemenuhannya yang diterjemahkan dalam kategori Kano. Pengintegrasian ini dapat merumuskan atribut kebutuhan layanan yang perlu ditingkatkan dan dipertahankan website pariwisata.
Berdasarkan hasil pengukuran kinerja dan pengategorian didapatkan 29 atribut kebutuhan menggunakan integrasi E-Servqual dan Model Kano. Dari 29 atribut tersebut, didapatkan 24 atribut kebutuhan yang perlu ditingkatkan dan 5 atribut kebutuhan yang perlu dipertahankan. Website Pariwisata, Wisatawan, True customer needs, E-Servqual, Model Kano.