Sekolah Menenga
h
Kejuruan Telkom (SMK Telkom) merupakan salah satu
institusi penyelenggara pendidikan menengah di
bawah Yayasan Pendidikan
Telkom.
SMK Telkom memiliki visi yakni “
Menjadi
role model
institusi
pendidikan yang berkualitas dalam membentuk Sumber Daya Manusia
Indonesia
yang berkompeten dan berbudi luhur”. Dalam rangka pencapaian visi tersebut SMK
Telkom harus memiliki standar mutu pendidikan yang bersifat nasional.
Namun,
hingga saat ini SMK Telkom belum menentukan standar terhadap proses bisnis
yang ada di sel
uruh bidangnya, khususnya dalam bidang kurikulum yang
merupakan proses utama dalam kegiatan pembelajaran.
Oleh karena itu,
perlu
dilakukan identifikasi
requirement
dan perancangan sistem manajemen mutu yang
sesuai dengan persyaratan Klausul 7 ISO 9001:2008
dan Standar BAN
S/M
Data yang digunakan dalam penelitian adalah data proses bisnis
existing
bidang
kurikulum SMK Telkom, ISO 9001:2008 Klausul 7, IWA
2:2007, serta Standar
BAN
S/M. Setelah didapat data tersebut, dilakukan identifikasi
requirement
yang
se
suai dengan Klausul 7 ISO 9001:2008 (IWA
2:2007) dan Standar BAN
S/M.
Hasil dari identifikasi tersebut, dilakukan perbaikan pada bidang kurikulum
menggunakan metode
business process improvement
, yaitu analisis aktivitas dan
streamlining
untuk masing
masing aktivitas sehingga didapatkan proses bisnis
yang efektif dan efisien
Hasil penelitian ini adalah dokumentasi rancangan
Standard Operational
Procedure
(SOP) bidang kurikulum yang telah diperbaiki serta rancangan
persyaratan lainnya gun
a memenuhi
requirement
ISO Klausul 7 9001:2008 dan
Standar BAN
S/M.
Untuk bidang kurikulum, rancangan yang diusulkan dalam
penelitian ini adalah (1) Penyusunan dan Pengembangan Kurikulum, (2)
Penyusunan Jadwal Pelajaran dan Tugas Mengajar, (3) Pengendalian
Kegiatan
Belajar Mengajar, (4) Perencanaan dan Pelaksanaan UTS/UAS,
dan
(5) Penentuan
Kenaikan Kelas. Adapun rancangan persyaratan lainnya di
luar bidang kurikulum
adalah (1) Penerimaan Peserta Didik Baru, (2) Pembelian, (3) Pengendalian Praktek
Kerja Ind
ustri, (4) Pendampingan dan Perlindungan Siswa, (5) Penyusunan
Rencana Mutu, (6) Bursa Kerja Khusus, (7) Penanganan Keluhan Pelanggan, (8)
Identifikasi dan Mampu Telusur,
dan
(9) Kepemilikan Siswa. Standard Operational Procedure, Standar BAN - S /M , ISO 9001:2008, Proses Bisnis, Business Process Improvement