ANALISIS KARAKTERISTIK KEBERHASILAN BELAJAR MAHASISWA TAHAP PERSIAPAN BERSAMA ANGKATAN 2013 FAKULTAS REKAYASA INDUSTRI TELKOM UNIVERSITY BERDASARKAN STRATEGI BELAJAR MENGGUNAKAN KNOWLEDGE CONVERSION 5C

Lucy Agraini

Informasi Dasar

86 kali
112100157
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Evaluasi merupakan suatu tindakan untuk mengetahui pencapaian prestasi belajar dalam suatu institusi yang menyelenggarakan pendidikan yang identik dengan penilaian hasi l belajar . Pa da perguruan tinggi terutama Universitas Telkom , penilaian hasil belajar mahasiswa diukur dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Tahap pertama pembelajaran di Universitas Telkom untuk mahasiswa baru adalah Tahap Persiapan Bersama (TPB) yang m emiliki aturan bahwa mah a siswa diharuskan memiliki nilai IPK minimal 2,00 untuk bisa lulus pada TPB. Untuk mengetahui pencapaian prestasi belajar, dilakukan penelitian keberhasilan belajar mahasiswa TPB khususnya pada mahasiswa Fakultas Rekayasa Industri ( FRI) angkatan 2013 . Data yang digunakan adalah data pribadi mahasiswa, dat a nilai IP semester 1 dan data

strategi belajar. Data

data tersebut dikumpulkan dengan penyebaran kuesioner Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) .
Data yang terkumpu l akan dikonversi menjadi informasi menggunakan metode knowledge conversion 5C , yang terdiri dari Contextualized , Categorized , Calculated , Corrected , dan Condensed . Proses konversi ini dimulai dari proses identifikasi data, memahami manfaat data, mengelomp okkan ke dalam atribut kunci, melakukan perhitungan, melakukan koreksi, dan meringkas informasi menjadi lebih jelas. Dari hasil konversi di peroleh informasi m engenai hasil belajar dan strategi belajar se tiap mahasiswa . Informasi nilai hasil belajar dibagi ke dalam kelompok nilai yang akan dikolaborasikan dengan informasi strategi mahasiswa sehingga dapat dilihat bagaiman a strategi belaja r yang digunakan oleh mahasiswa.
Data yang terkumpu l akan dikonversi menjadi informasi menggunakan metode knowledge conversion 5C , yang terdiri dari Contextualized , Categorized , Calculated , Corrected , dan Condensed . Proses konversi ini dimulai dari proses identifikasi data, memahami manfaat data, mengelomp okkan ke dalam atribut kunci, melakukan perhitungan, melakukan koreksi, dan meringkas informasi menjadi lebih jelas. Dari hasil konversi di peroleh informasi m engenai hasil belajar dan strategi belajar se tiap mahasiswa . Informasi nilai hasil belajar dibagi ke dalam kelompok nilai yang akan dikolaborasikan dengan informasi strategi mahasiswa sehingga dapat dilihat bagaiman a strategi belaja r yang digunakan oleh mahasiswa. Evaluasi karakteri stik belajar, strategi belajar, 5C, TPB, MSLQ , knowledge conversion .

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

ANALISIS KARAKTERISTIK KEBERHASILAN BELAJAR MAHASISWA TAHAP PERSIAPAN BERSAMA ANGKATAN 2013 FAKULTAS REKAYASA INDUSTRI TELKOM UNIVERSITY BERDASARKAN STRATEGI BELAJAR MENGGUNAKAN KNOWLEDGE CONVERSION 5C
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Lucy Agraini
Perorangan
Dr. Luciana Andrawina, Ir., MT.; -
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini