Evaluasi merupakan suatu tindakan untuk mengetahui pencapaian prestasi belajar
dalam suatu institusi yang menyelenggarakan pendidikan
yang
identik dengan
penilaian hasi
l belajar
.
Pa
da perguruan tinggi
terutama Universitas Telkom
,
penilaian hasil belajar mahasiswa
diukur dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).
Tahap pertama pembelajaran di Universitas Telkom
untuk
mahasiswa baru
adalah
Tahap Persiapan Bersama (TPB) yang m
emiliki aturan bahwa mah
a
siswa
diharuskan memiliki nilai IPK minimal 2,00 untuk bisa lulus pada TPB.
Untuk
mengetahui pencapaian prestasi belajar, dilakukan penelitian
keberhasilan belajar
mahasiswa TPB khususnya pada mahasiswa Fakultas Rekayasa Industri (
FRI)
angkatan 2013
.
Data yang digunakan adalah
data pribadi mahasiswa, dat
a nilai IP
semester 1 dan data
strategi belajar. Data
data tersebut dikumpulkan dengan
penyebaran
kuesioner
Motivated Strategies for Learning Questionnaire
(MSLQ)
.
Data yang terkumpu
l akan dikonversi menjadi informasi menggunakan
metode
knowledge conversion 5C
,
yang
terdiri dari
Contextualized
,
Categorized
,
Calculated
,
Corrected
, dan
Condensed
. Proses konversi ini dimulai dari proses
identifikasi data, memahami manfaat data, mengelomp
okkan ke dalam atribut
kunci, melakukan perhitungan, melakukan koreksi, dan meringkas informasi
menjadi lebih
jelas.
Dari
hasil
konversi
di
peroleh
informasi m
engenai hasil belajar
dan strategi
belajar
se
tiap mahasiswa
.
Informasi
nilai
hasil belajar dibagi
ke dalam
kelompok
nilai yang akan
dikolaborasikan
dengan informasi strategi mahasiswa
sehingga dapat dilihat bagaiman
a
strategi belaja
r yang digunakan oleh mahasiswa.
Data yang terkumpu
l akan dikonversi menjadi informasi menggunakan
metode
knowledge conversion 5C
,
yang
terdiri dari
Contextualized
,
Categorized
,
Calculated
,
Corrected
, dan
Condensed
. Proses konversi ini dimulai dari proses
identifikasi data, memahami manfaat data, mengelomp
okkan ke dalam atribut
kunci, melakukan perhitungan, melakukan koreksi, dan meringkas informasi
menjadi lebih
jelas.
Dari
hasil
konversi
di
peroleh
informasi m
engenai hasil belajar
dan strategi
belajar
se
tiap mahasiswa
.
Informasi
nilai
hasil belajar dibagi
ke dalam
kelompok
nilai yang akan
dikolaborasikan
dengan informasi strategi mahasiswa
sehingga dapat dilihat bagaiman
a
strategi belaja
r yang digunakan oleh mahasiswa. Evaluasi karakteri stik belajar, strategi belajar, 5C, TPB, MSLQ , knowledge conversion .