PERANCANGAN STANDARD OPERATING PROCEDUR BAGIAN GUDANG PT. PLN AREA MAJALAYA MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT

I Gusti Ayu Wasundhari Dewi

Informasi Dasar

133 kali
112101193
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. PLN Area Majalaya merupakan badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang pendistribusian listrik yang melayani permintaan masyarakat. Dalam menjalankan kegiatan pendistribusiannya, PT. PLN Area Majalaya memiliki gudang yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan material sementara sebelum material didistribusikan ke en am rayon di bawah Area Majalaya. Untuk mengontrol dan meng awasi material pada gudang , PT. PLN Area Majalaya melakukan inventarisasi yang dilaksanakan dua kali dalam setahun. Proses administrasi pada proses bisnis inbound dan outbound yang tidak tertib menyebabkan perb edaan antara persediaan material pada sistem dengan persediaan material secara fisik pada saat inventarisasi dilakukan. Perbaikan proses bisnis inbound dan outbound dilakukan dengan menggunakan metode Business process improvement (BPI).
Langkah awal yang d ilakukan adalah memetakan proses bisnis inbound dan proses bisnis outbound gudang Area Majalaya. Selanjutnya dilakukan

pengklasifikasian masing

masing aktivitas ke dalam kategori RVA, BVA dan NVA. Langkah selanjutnya dilakukan analisis streamlining untuk m enyederhanakan proses bisnis yang ada. Hasil dari analisis streamlining didapat proses bisnis usulan yang selanjutnya menjadi dasar untuk perancangan standard operating procedure (SOP) usulan.
Usulan perbaikan berupa penggunaan sistem informasi monitoring dokumen dan sistem informasi pemesanan material yang dapat membantu dalam mengurangi proses administrasi yang tidak tertib dan secara tidak langsung dapat meningkatkan keakurasian material pada saat dilakukan inventarisasi. Dari hasil perancangan proses b isnis inbound dan outbound usulan dapat disimpulkan bahwa cycle time efficiency pada proses bisnis inbound meningkat sebesar 4036.15 % dan waktu siklus berkurang sebesar 94.07 %, sedangkan cycle time efficiency pada proses bisnis outbound meningkat sebesar 29445.24 % dan waktu siklus berkurang sebesar 74.44 %. Business process improvement (BPI), Kategori Aktivitas, Streamlining , SOP, Sistem Informasi.

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

PERANCANGAN STANDARD OPERATING PROCEDUR BAGIAN GUDANG PT. PLN AREA MAJALAYA MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I Gusti Ayu Wasundhari Dewi
Perorangan
Dr. Ir. DIDA DIAH DAMAYANTI, M.EngSc; M. NASHIR ARDIANSYAH, ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini