Sebuah survei mengungkapkan bahwa jumlah pengguna
internet
di Indonesia
akan terus mengalami peningkatan.
Persaingan yang semakin ketat dalam bisnis
internet
di mana PT Telkom dengan produk layanan
internet
Speedy berada di
dalamnya, mendorong diperlukannya evaluasi atas struktur tarif yang ada.
Struktur tarif pada dasarnya merupakan arsitektur dari bauran pemasaran harga.
Langkah pertama yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melakukan
identifikasi ko
ndisi persaingan yang dihadapi Speedy saat ini berdasarkan
keadaan pasar, perusahaan, dan teori
teori struktur harga berdasarkan studi
literatur untuk menentukkan bagaimana kriteria struktur tarif yang sesuai dengan
kondisi persaingan saat ini. Kemudian di
lakukan identifikasi alternatif struktur
tarif yang mungkin diterapkan dalam situasi kompetisi saat ini dengan
menggunakan
kondisi per
saingan dan teori struktur harga
.
Alternatif ini kemudian dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, di
mana pe
nilaian alternatif dilakukan oleh ahli. Langkah lain adalah
mengidentifikasi atribut
atribut yang mempengaruhi keputusan pembelian
pelanggan terhadap layanan
internet
,
kecepatan akses ideal
untuk penggunaan
sehari
hari,
melakukan perbandingan dengan struk
tur tarif yang diterapkan ISP
lain di Indonesia dan dunia, mengidentifikasi pola perilaku pelanggan Speedy
Rekomendasi pada penelitian ini adalah struktur tarif
versioning
berdasarkan
jangka waktu pemakaian dengan berbagai pilihan kecepatan akses.
Struktur Tarif, Atribut Keputusan Pembelian, Analisis Grid, Versioning, Bundling, Subscriptions