ANALISIS QUALITY OF SERVICE (QoS) DARI LAYANAN MEDIA STREAMING PADA JARINGAN DENGAN PENYARINGAN PAKET MENGGUNAKAN STATEFUL PACKET INSPECTION

Agung Dwipa Rendra

Informasi Dasar

113050043
003
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Quality of Service (QoS) merupakan suatu kumpulan dari pengaruh performansi layanan yang menentukan tingkat kepuasan dari user terhadap suatu layanan. Namun pada suatu layanan yang memanfaatkan jaringan komputer perlu diterapkan suatu keamanan jaringan yang berfungsi menjamin keamanan dan ketersediaan data bagi user. Pemilihan metode keamanan jaringan yang akan diterapkan harus diperhitungkan dengan seksama, supaya tidak berdampak buruk bagi QoS. Hal ini juga perlu diperhatikan pada semua layanan, diantaranya adalah layanan media streaming.

Salah satu metode keamanan jaringan yang digunakan untuk mengontrol trafik paket adalah Stateful Packet Inspection (SPI), yang dalam tugas akhir ini akan diuji bagaimana pengaruhnya terhadap QoS dari layanan video streaming dengan protokol RTSP. SPI akan diimplementasikan pada stateful firewall berbasis Mikrotik RouterOS pada sebuah domain dengan model QoS Diffserv. Tujuannya adalah untuk menguji bagaimana pengaruh penerapan SPI terhadap QoS yang diterapkan.

Analisis dari semua skenario yang diujikan menunjukkan bahwa penerapan SPI akan menurunkan kualitas dari layanan. Akan tetapi, SPI akan mempertahankan kualitas layanan pada saat jaringan dipenuhi trafik yang tidak diinginkan yang dalam hal ini adalah UDP flood.

Stateful Packet Inspection, Quality of Service, Differentiated Service,

Subjek

System - analis
Skripsi,

Katalog

ANALISIS QUALITY OF SERVICE (QoS) DARI LAYANAN MEDIA STREAMING PADA JARINGAN DENGAN PENYARINGAN PAKET MENGGUNAKAN STATEFUL PACKET INSPECTION
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Agung Dwipa Rendra
Perorangan
Niken Dwi Wahyu C, ST., MKom; Bayu Erfianto, SSi., MSc
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini