Pengenalan Pola Huruf Hijaiyah Berharakat Menggunakan Modified-DFE dan HMM

Arie Aulia Nugraha

Informasi Dasar

113090116
621.302 87
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Huruf Arab merupakan salah satu sistem penulisan yang banyak dipakai pada penulisan dokumen-dokumen rujukan utama di seluruh dunia selain Huruf Latin. Di bidang pengenalan pola, Huruf Arab sudah cukup banyak mendapatkan perhatian, namun pendekatan-pendekatan yang sudah pernah dilakukan hingga saat ini baru mencakup pengenalan pola Huruf Arab yang tidak berharakat. Harakat adalah diakritik atau tanda baca yang menunjukkan cara pengucapan Huruf Arab untuk meminimalisir kesalahan interpretasi. Contoh dokumen rujukan utama yang menggunakan Huruf Arab berharakat adalah kitab suci umat Islam, Al-Quran.
Pada Tugas Akhir ini, dilakukan pengenalan pola Huruf Hijaiyah (Huruf Arab yang tidak bersambung) berharakat dengan menggunakan metode ekstraksi ciri Modified Direction Feature Extraction (M-DFE) dan metode klasifikasi Hidden Markov Models (HMM). Secara morfologis, Huruf Hijaiyah memiliki goresan (stroke) dengan arah tetap. Karena M-DFE menyimpan ciri arah dan transisi dari struktur global suatu karakter, maka dengan memakai metode M-DFE untuk ekstraksi ciri akan dihasilkan vektor ciri yang bagus untuk setiap Huruf Hijaiyah. Sedangkan metode klasifikasi HMM sendiri sudah berhasil diimplementasikan pada beberapa kasus pengenalan Huruf Arab tidak berharakat, baik yang menggunakan akuisisi citra secara online, offline, maupun memakai multilevel classifier dalam proses klasifikasinya.
Menangani harakat pada Huruf Hijaiyah menjadi suatu tantangan tersendiri. Tambahan harakat pada Huruf Hijaiyah memperbesar jumlah kelas dan secara langsung mempengaruhi tingkat akurasi sistem serta waktu prosesnya. Untuk mengatasi hal ini, dilakukan segmentasi terhadap harakat dan huruf utama pada citra input yang kemudian diproses secara terpisah. Dengan dilakukan segmentasi dipadukan dengan rule-based clustering, jumlah kelas dapat diminimalisasi sehingga waktu pemrosesan dapat berlangsung jauh lebih cepat dengan akurasi yang juga cukup baik. Setelah dilakukan beberapa skenario pengujian, diperoleh tingkat akurasi terbaik 69,4% pada maximum transition berjumlah 4 dan state HMM berjumlah 70. Huruf Hijaiyah, Harakat, Pengenalan Pola, Modified Direction

Subjek

TESTING
 

Katalog

Pengenalan Pola Huruf Hijaiyah Berharakat Menggunakan Modified-DFE dan HMM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Arie Aulia Nugraha
Perorangan
Dr. Adiwijaya, M.Si.; Untari Novia Wisesty, S.T., M.T.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini