Perkembangan teknologi interaksi manusia dan komputer saat ini berkembang dengan sangat pesat. Bagian fisik manusia seperti mata dan tangan bisa berperan secara langsung dalam hal mengontrol komputer. Misalkan mata akan memiliki peran yang sama seperti mouse, yaitu sebagai pengontrol pointer. Komputer berinteraksi dengan manusia dengan cara mengambil objek citra bola mata melalui webcam. Citra tersebut diproses sehingga bisa mengetahui kemana arah pandangan mata tertuju. Salah satu metode yang bisa menghitung estimasi arah pandang tersebut adalah Geometry Based Estimation. Metode ini menentukan koordinat layar yang dilihat oleh mata berdasarkan jarak mata terhadap layar, posisi wajah, posisi mata, dan radius iris mata. Dengan metode tersebut koordinat layar yang dipandang oleh mata akan diketahui. Sebelum menghitung estimasi arah pandang tersebut, dilakukan proses iris tracking terlebih dahulu. Dalam penelitian ini ditunjukkan seberapa besar keakurasian hasil dari perhitungan estimasi arah pandang tersebut yang disesuaikan dengan banyaknya region layar yang akan dipandang.
Geometry Based Estimation, Haar-Like Feature, Circular Hough Transform, Gaze Estimation, Eye Tracking