Penerapan Data Mining untuk Sub Modul Aplikasi Perwalian dengan Metode Klasifikasi Menggunakan Algoritma SLIQ dan Algoritma Pruning REP

Anna Yulia Sari

Informasi Dasar

113090147
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kegiatan perwalian pada suatu universitas merupakan salah satu bentuk pelayanan akademik yang diberikan kepada mahasiswa. Perwalian dilaksanakan dengan tujuan untuk membimbing dan memberikan informasi yang bermanfaat terkait dengan pelaksanaan studi mahasiswa. Salah satu informasi yang dapat diberikan kepada mahasiswa adalah rekomendasi dalam menentukan rencana studi mahasiswa, dalam hal ini yaitu penentuan kelompok keahlian yang sesuai dengan kemampuan mahasiswa, serta rekomendasi mata kuliah yang sebaiknya diulang.

Seorang mahasiswa haruslah menentukan rencana studi yang sesuai dengan kemampuan serta minat yang dimilikinya, karena jika tidak, maka mahasiwa tersebut akan kesulitan dalam melaksanakan proses perkuliahannya. Oleh karena itu, diperlukan aplikasi perwalian yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. Aplikasi perwalian sangat dibutuhkan baik oleh dosen wali ataupun mahasiswa. Karena dengan adanya aplikasi tersebut akan mempermudah dosen wali dalam memberikan rekomendasi dan penentuan rencana studi mahasiswa. Aplikasi ini menerima masukan berupa mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa, beserta nilainya.

Metode yang digunakan untuk membangun aplikasi ini adalah dengan metode klasifikasi, menggunakan algoritma SLIQ yang disertai dengan algoritma pruning MDL dan REP. Model yang digunakan untuk penerapan metode klasifikasi ini adalah dengan decision tree. Decision tree adalah alat pendukung keputusan yang menggunakan grafik seperti pohon. Dengan menggunakan decision tree, maka akan dapat ditentukan atribut-atribut yang penting, sehingga dapat diperoleh aturan untuk menentukan rekomendasi kepada mahasiswa. Perwalian, Klasifikasi, Decision tree, SLIQ, MDL, REP.

Subjek

DATA MINING
 

Katalog

Penerapan Data Mining untuk Sub Modul Aplikasi Perwalian dengan Metode Klasifikasi Menggunakan Algoritma SLIQ dan Algoritma Pruning REP
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Anna Yulia Sari
Perorangan
Shaufiah, ST., MT.; Kusuma Ayu Laksitowening, ST., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini