Pemanfaatan Data Mining untuk Penjadwalan Ujian dengan Pendekatan Graph-Based Hyper Heuristic

Tiara Kusumawardhani

Informasi Dasar

113090168
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penjadwalan ujian merupakan salah satu proses pengelolaan mahasiswa untuk menentukan jadwal ujian setiap mahasiswa dengan mata kuliah yang diambil. Permasalahan penjadwalan ujian ini diselesaikan dengan memanfaatkan salah satu teknik data mining dan menggunakan pendekatan Graph-based Hyper Heuristic (GHH) dalam membangun solusi tanpa pelanggaran hard constraint dengan pelanggaran soft constraint rendah.
Pemanfaatan data mining dilakukan dengan menggunakan teknik clustering menggunakan algoritma TwoStep pada data registrasi mahasiswa. Hasil dari clustering ini yaitu data registrasi mahasiswa yang telah dikelompokkan, kemudian data tersebut akan digunakan sebagai inisialisasi data mata kuliah pada teknik optimasi algoritma Graph-based Hyper Heuristic (GHH). GHH merupakan pendekatan yang menggunakan beberapa low level heuristic untuk menentukan urutan kandidat solusi pada penjadwalan kuliah dan tabu search dalam pencarian solusi.
Setelah kedua teknik ini diimplementasikan, ditemukan bahwa data mining memberikan manfaat dalam menghasilkan jadwal ujian yang layak. GHH dengan pengaruh data klaster dari TwoStep menghasilkan nilai best penalty dan average penalty lebih baik dibandingkan GHH tanpa pengaruh data klaster.
constraint, data mining, penjadwalan ujian, Graph-based Hyper Heuristic, TwoStep

Subjek

DATA MINING
 

Katalog

Pemanfaatan Data Mining untuk Penjadwalan Ujian dengan Pendekatan Graph-Based Hyper Heuristic
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Tiara Kusumawardhani
Perorangan
Shaufiah, ST., MT.; Bambang Pudjoatmojo, S.Si, MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini