PEMANFAATAN DATA MINING UNTUK APLIKASI PERWALIAN DENGAN ALGORITMA PHS (PERFECT HASHING AND DATA SHRINKING)

Ayrtein Deliusca Dian Pratama

Informasi Dasar

113090185
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perwalian adalah salah satu prosedur yang harus dilakukan mahasiswa pada saat melakukan registrasi semester baru. Pada tahap perwalian ini, mahasiswa mengajukan mata kuliah yang akan diambil kepada dosen wali, kemudian dosen wali memeriksa dan memutuskan apakah mahasiswa tersebut layak untuk mengambil mata kuliah yang diajukan. Dosen wali juga bisa memberikan rekomendasi mata kuliah pilihan untuk mahasiswa.

Rekomendasi mata kuliah ini dapat diselesaikan dengan metode asosiasi. Analisis asosiasi adalah teknik data mining untuk menemukan aturan asosiatif antara kombinasi suatu item[1]. Aturan asosiatif dari analisis perwalian adalah mengetahui besarnya kemungkinan seorang mahasiswa untuk mengambil mata kuliah berdasarkan kelompok keahlian yang diminati dan berdasar mata kuliah yang pernah diambil sebelumnya beserta nilai. Teknik yang digunakan pada tugas akhir ini adalah PHS (Perfect Hashing and Data Shrinking). Teknik tersebut digunakan untuk menemukan aturan asosiasi mata kuliah dengan proses join dan proses mengeliminasi mata kuliah yang tidak memenuhi yang disebut prune, sehingga akan menyusutkan data pada basis data[6].

Hasil pengujian yang dilakukan membuktikan bahwa algoritma PHS dapat digunakan untuk menyelesaikan proses rekomendasi mata kuliah pilihan. Rekomendasi ini berdasarkan aturan asosiasi yang terbentuk. Nilai optimum yang didapat adalah minimum support=20% dan minimum confidence=50%. asosiasi, PHS, support, confidence, knowledge

Subjek

DATA MINING
 

Katalog

PEMANFAATAN DATA MINING UNTUK APLIKASI PERWALIAN DENGAN ALGORITMA PHS (PERFECT HASHING AND DATA SHRINKING)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ayrtein Deliusca Dian Pratama
Perorangan
Shaufiah, ST., MT.; Hetti Hidayati, S.Kom., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini