Pengkonversi Teks ke Sinyal Ucapan Bahasa Indonesia dengan Penanganan Prosodi menggunakan Fuzzy Logic untuk Meningkatkan Kealamian Sinyal Ucapan

Awwal Mulyana

Informasi Dasar

113090216
681.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi saat ini telah mampu menghasilkan sinyal ucap buatan. Namun, permasalahannya sistem pensitesa sinyal ucapan hingga saat ini masih memiliki keterbatasan dalam hal kualitas kealamian sinyal yang yang dihasilkan, penelitian yang dilakukan saat ini bukan lagi berfokus pada penciptaan sinyal suara, namun perbaikan kualitas sinyal ucapan itu sendiri yang dapat dihasilkan oleh sistem pengkonversian sinyal ucapan.

Sistem TTS yang dapat menghasilkan keluaran paling baik saat ini menggunakan metode unit-selection-based, namun sistem ini tergolong mahal, dan membutuhkan database yang sangat besar. Sistem TTS yang saat ini umum digunakan berbasis diphone concatenated synthesized, selain tersedia secara bebas, sistem ini hanya membutuhkan ruang memory yang kecil, kelemahan terbesar dari sistem ini adalah sinyal ucapan yang dihasilkan terdengar seperti robot, sehingga kurang alami.

Penelitian Tugas Akhir ini akan mencoba mengeksplorasi penggunaan Fuzzy Logic untuk menghasilkan sinyal ucapan yang lebih alami dengan cara menangani prosodi yang menjadi kelemahan dalam metode diphone concateated pada umumnya. Teks masukan akan dikonversi ke dalam bentuk fonem untuk selanjutnya Fuzzy Logic akan bertugas menangani informasi fonem terkait frekuensi dasar dari fonem tersebut. Hasil penelitian dengan melakukan pengujian MOS menunjukan peningkatan nilai dari sebesar 2.81 tanpa menggunakan prosodi menjadi 3.23 menggunakan prosodi yang diatur oleh fuzzy. diphone concatenated synthesized, Fuzzy Logic, Text-to-Speech.

Subjek

SENSOR
 

Katalog

Pengkonversi Teks ke Sinyal Ucapan Bahasa Indonesia dengan Penanganan Prosodi menggunakan Fuzzy Logic untuk Meningkatkan Kealamian Sinyal Ucapan
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Awwal Mulyana
Perorangan
Suyanto, S.T., M.Sc.; -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini