Penelusuran dan Klasifikasi Isyarat Tangan Menggunakan Skeleton Graph Secara Real Time

TAUFIQ SYAHRIR

Informasi Dasar

113090261
003.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Inovasi dalam bidang Human Computer Interraction belakangan ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal ini dapat dilihat dari munculnya berbagai teknologi baru yang menghadirkan interaksi baru pula. Adapun interaksi tersebut seperti interaksi sentuhan dan kemiringan pada tablet atau smartphone, suara pada aplikasi speech recognition, atau gerakan pada teknologi kinect. Dalam tugas ini, penulis akan membuat suatu aplikasi yang menggunakan isyarat-isyarat tangan untuk berinteraksi dengan komputer menggunakan webcam atau kamera.

Pada kasus ini, tangan akan di-tracking dan dikenali bentuknya untuk dijadikan event tertentu pada komputer. Sehingga dibutuhkan komputasi cepat yang dapat bekerja secara real time namun tetap akurat. Untuk mengenali gesture tangan maka akan dilakukan proses thinning pada gambar tangan. Yaitu proses yang mengubah gambar menjadi garis tipis yang disebut skeleton. Ciri-ciri dari skeleton inilah yang digunakan untuk mengenali jenis gesture atau syarat tangan pada saat itu.

Metode Thinning atau Skeletonisasi yang akan digunakan pada kasus ini yaitu metode thinning Zhang and Suen. Metode ini dikenal juga dengan sebutan fast parallel thinning algoritma. Dengan karakteristik yang cepat, membuat algoritma ini dianggap cocok bekerja pada kasus real time. Dimana kecepatan komputasi sistem dengan parameter terbaiknya dalam kasus ini mampu mencapai di atas 13 fps dan akurasi klasifikasi isyarat tangan sebesar 90%. hand gesture, real time, skeleton, thinning, zhang and suen algorithm.

Subjek

Graph - algorithms
 

Katalog

Penelusuran dan Klasifikasi Isyarat Tangan Menggunakan Skeleton Graph Secara Real Time
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TAUFIQ SYAHRIR
Perorangan
Bedy Purnama, Ssi., MT.; Leonardi, ST.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini