Semantic Search dengan Weighted Directed Acyclic Graph (Studi Kasus Pencarian Dokumen Tugas Akhir Institut Teknologi Telkom)

Jefry Yogatama

Informasi Dasar

113090270
004.678
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Semantik webdapat menyediakan fasilitas pencarian di dalam media Internet dengan hasil yang relevan. Pencarian dapat dilakukan berdasarkan metadata yang ada. Metadata merupakan data dari sebuah data yang digunakan agar mesin dapat memahami (machine-readable) informasi yang ada pada suatu data. Machine-readable diharapkan agar mesin dapat memahami maksud dari pengguna dan memberikan informasi yang relevan kepada pengguna.

Pada penelitian ini digunakan algoritma weighted directed acyclic graph yang digunakan pada pencarian semantik. Algoritma ini bertujuan untuk menghitung kemiripan antara graf representasi data dan graf representasi query.Weighted directed acyclic graph merupakan graph berarah yang memiliki node berlabel, busur berlabel, dan busur berbobot. Bobot pada busur ditentukan berdasarkan kepentingan. Busur berlabel digunakan untuk menunjukkan relasi antar dua node berlabel.

Dalam tugas akhir ini, dipaparkan analisis validasi hirarki ontologi, analisis dari segi hirarki graf, dan analisis query.Validasi hirarki dilakukan dengan standar W3C dari segi OWL dan RDF.berdasarkan hasil validasi, hirarki ontologi dari segi OWL maupun RDF telah sesuai dengan standar W3C.Struktur graf sendiri memiliki pengaruh yang besar dalam pencarian. Hal ini dikarenakan algoritma weighted directed acyclic graph yang memiliki karakteristik penelusuran depth-first search.

Prinsip pencarian sistem yaitu menggunakan prinsip OR. Hal ini karena salah satu kelebihan pancarian semantik yaitu dapat memberikan rekomendasi hasil pencarian. Nilai similarity akan semakin tinggi jika query yang diberikan mengandung banyak predikat dengan deskripsi objek yang lengkap. pencarian semantik, weighted directed acyclic graph,ARC2, ontologi

Subjek

SEARCH ENGINE OPTIMIZATION
 

Katalog

Semantic Search dengan Weighted Directed Acyclic Graph (Studi Kasus Pencarian Dokumen Tugas Akhir Institut Teknologi Telkom)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Jefry Yogatama
Perorangan
Yanuar Firdaus A W, S.T., M.T.; Ade Romadhony, S.T., M.T.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini