Kemunculan cloud computing sebagai paradigma baru dalam membangun berbagai layanan secara dinamis dan memiliki karakterisitk rapid-elasticity diharapkan mampu mengatasi masalah availability layanan dan efisiensi sumber daya untuk layanan telekomunikasi khususnya layanan VoIP. Namun, berbagai platform cloud computing yang ada saat ini belum mendukung pengalokasian sumber daya secara dinamis dan otomatis. Dalam tugas akhir ini akan dibangun sebuah layanan VoIP pada IP Multimedia Subsystem (IMS) berbasis cloud computing. Penggunaan IMS sendiri karena IMS secara de facto merupakan teknologi yang banyak digunakan oleh operator telekomunikasi dalam membangun berbagai layanan komunikasi salah satunya adalah VoIP. Dengan cloud computing, sistem yang dibangun memiliki kemampuan untuk mengalokasikan sumber daya khususnya sumber daya komputasi secara dinamis dan otomatis yang disebut dengan auto-scaling. Sistem auto-scaling yang dibuat menggunakan model predictive system sehingga dapat menghindari system failure dengan tepat, metode prediksi yang digunakan adalah Exponential Moving Average (EMA). Sistem auto-scaling yang dibuat dapat meningkatkan availability layanan yang diukur dengan parameter as mean time to repair (MTTR), mean time to filure (MTTF), dan mean time between failure (MTBF) serta meningkatkan efisiensi dalam penggunaan memori Cloud Computing, auto-scaling, IMS, VoIP, EMA, availability, efisiensi memori