Sistem Pakar Dengan Menggunakan Metode Case Base Reasoning, Rule Base Reasoning, dan Theorema Bayes (Studi Kasus : Deteksi Penyakit Umum)

Alfa Pahlawan Putra

Informasi Dasar

113091032
613
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kesadaran masyarakat terhadap kesehatan dan penyakit di Indonesia saat ini tidak terlalu baik. Hal ini dapat kita amati melalui kebiasaan buruk sebagian besar masyarakat Indonesia yang cenderung lebih memilih untuk memeriksakan kesehatan ketika sakit yang dirasakannya sudah mulai mengganggu. Tentunya hal ini sangat merugikan bagi masyarakat Indonesia. Untuk menanggapi hal itu, maka sudah saatnya untuk dibuat sebuah sistem pakar yang dapat menganalisa dan mendeteksi penyakit – penyakit umum dan memberikan saran akan tindakan yang harus dilakukan. Sistem pakar merupakan sebuah sistem yang berbasis knowledge dan memiliki inference machine yang digunakan untuk mencocokkan masalah dengan knowledge yang ada. RBR (Rule Based Reasoning) digunakan untuk memetakan pengetahuan dari pakar, sedangkan CBR (Case Based Reasonig) digunakan untuk melakukan retrieve solusi dari kejadian yang pernah ada sebelumnya berdasarkan nilai MSV (Minimum Similarity Value), sedangkan theorema bayes digunakan untuk menghitung peluang munculnya sebuah penyakit. Dari hasil yang didapat, dengan menggabungkan ketiga metode akan didapatkan akurasi rata - rata yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan hanya menerapkan salah satu atau dua metode secara bersamaan. minimum similarity value, sistem pakar, case based reasoning, rule based reasoning, theorema bayes.

Subjek

MEDICAL TECHNOLOGY
 

Katalog

Sistem Pakar Dengan Menggunakan Metode Case Base Reasoning, Rule Base Reasoning, dan Theorema Bayes (Studi Kasus : Deteksi Penyakit Umum)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Alfa Pahlawan Putra
Perorangan
Angelina Prima Kurniati S.T., M.T.; Ade Romadhony S.T., M.T.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini