Speech Query pada Aplikasi Android IYO

Peter Surya Antonio

Informasi Dasar

113091044
005.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

IYO (Intelligence Organizer) merupakan sebuah aplikasi pada perangkat bergerak bersistem operasi Android yang dapat mengenali ucapan perintah pengguna dan mencari informasi di dalam database. Cara kerjanya seperti layanan call center Telkom 108 yang dapat menjawab pertanyaan pelanggan mengenai directory services secara otomatis. Teknologi yang diterapkan dalam IYO adalah Automatic Speech Recognition (ASR) untuk mengenali ucapan dan alignment untuk menghasilkan query.

ASR merupakan sebuah sistem pengenalan ucapan manusia dan menerjemahkannya ke dalam teks. Metode yang diterapkan adalah Hidden Markov Model (HMM) menggunakan tools dari CMUSphinx. IYO menggunakan Statistical Language Model (LM) trigrams yang memiliki kelebihan yaitu pengguna tidak terikat pada aturan grammar, sehingga terkesan lebih natural. Sedangkan kekurangannya adalah nilai error yang tinggi, namun hal ini dapat diatasi dengan proses alignment, untuk mendapatkan maksud inti dari ucapan. Metode alignment yang diterapkan adalah Longest Common Subsequence (LCS). LCS akan mencari maksimum panjang common subsequnce dari dua buah sequence.

Pengujian dilakukan untuk membandingkan antara penggunaan statistical LM biasa dengan LM alignment. Nilai rata-rata Sentence Error Rate (SER) LM biasa adalah 21%, sedangkan nilai Query Error Rate (QER) dari LM alignment adalah 8%. Berdasarkan nilai tersebut, terjadi penurunan nilai error untuk menghasilkan query sebesar 13%.

automatic speech recognition, language model, alignment, query

Subjek

APPLICATION
 

Katalog

Speech Query pada Aplikasi Android IYO
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Peter Surya Antonio
Perorangan
Suyanto, S.T. M.Sc.; -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini