Sentimen Analisis Bahasa Indonesia menggunakan JST Backpropagation

Indah Dwi Cahyani

Informasi Dasar

113108026
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sentimen merupakan pendapat atau pandangan subjektifitas seseorang terhadap sesuatu hal yang dikeluarkan baik secara tertulis maupun secara lisan. Setiap sentimen memiliki nilai, dimana sentimen yang ada terdiri dari sentimen positif dan sentimen negatif. Seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan akan informasi, yang saat ini informasi yang dibutuhkan lebih kearah yang spesifik terhadap pandangan seseorang. Melihat kecenderungan itu, maka penelitian terhadap pengklasifikasian sentimen dari suatu opini diperlukan. Oleh sebab itu klasifikasi sentimen ini dibuat.

Metode Jaringan Syaraf Tiruan (JST) merupakan salah satu metode klasifikasi yang meniru cara kerja otak manusia yang dapat menyelesaikan suatu permasalahan dengan cara pembelajaran (learning). JST memiliki banyak jenis sesuai algoritma pembelajaran, struktur susunan, dll. Salah satunya adalah Backpropagation. Kelebihan JST Backpropagation salah satunya adalah kemampuannya dalam beradaptasi sehingga mampu belajar dari data masukan yang diberikan sehingga dapat memetakan/memodelkan hubungan antara masukan dan keluarannya [6].

Pada Tugas Akhir ini, klasifikasi sentimen bahasa Indonesia dengan menggunakan metode JST Backpropagation yang menggunakan tiga jenis topik yang berbeda yang diambil dari media sosial (twitter, kaskus dan blog) sebagai data pelatihan mampu melakukan klasifikasi sentimen dengan persentase keakuratan sebesar 64,22 % dengan menggunakan data testing. Kata kunci : sentimen, bahasa Indonesia, Jaringan Syaraf Tiruan,

Subjek

INFORMATICS
 

Katalog

Sentimen Analisis Bahasa Indonesia menggunakan JST Backpropagation
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Indah Dwi Cahyani
Perorangan
Warih Maharani, ST., MT; Mohamad Syahrul Mobarok, ST
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini