Prediksi Data Time Series Magnitude Gempa Bumi menggunakan Algoritma Cuckoo Search(CS) sebagai Metode Pelatihan Multi Layer Perceptron(MLP)

I Dewa Made Widiana

Informasi Dasar

113118006
518.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Geografi California yang cukup unik menyebabkan negara ini kerap kali diguncang gempa bumi. Melihat intensitas gempa yang cukup besar di California, maka akan lebih baik jika magnitude gempa selanjutnya dapat diprediksi. Untuk dapat memprediksi magnitude gempa selanjutnya, perlu dilakukan pembelajaran data history magnitude gempa sebelumnya untuk mendapatkan pola-pola data yang akan digunakan untuk memprediksi magnitude gempa selanjutnya.
Jaringan saraf tiruan merupakan perangkat artifisial terbaik, tepat untuk menyelesaikan permasalahan kombinatorial seperti prediksi dan klasifikasi[4]. Untuk metode pelatihan MLP(Multi Layer Perceptron) yang akan digunakan adalah algoritma Cuckoo Search (CS).
Cuckoo Search(CS) adalah algoritma optimasi yang dikembangkan oleh Xin-she Yang dan Suash Deb pada tahun 2009. Mereka terinspirasi dari prilaku parasit burung cuckoo saat berkembang biak, dimana beberapa spesies cuckoo menaruh telurnya di sarang burung lain(host). Algoritma ini memiliki performa yang mengesankan pada permasalahan optimasi untuk kasus bilangan real.
Berdasarkan penelitian algoritma optimasi Cuckoo Search(CS) dapat digunakan sebagai algoritma pembelajaran MLP untuk memprediksi magnitude gempa bumi. Hal ini dilihat dari nilai MSE yang dihasilkan cukup rendah.
gempa bumi, MLP, Cuckoo Search,MSE

Subjek

ALGORITHMS
 

Katalog

Prediksi Data Time Series Magnitude Gempa Bumi menggunakan Algoritma Cuckoo Search(CS) sebagai Metode Pelatihan Multi Layer Perceptron(MLP)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I Dewa Made Widiana
Perorangan
Ade Romadhony, ST. MT; Mahmud Dwi Sulistiyo, ST. MT
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini