Penghapusan Objek Pada Citra Digital Menggunakan Metode Exemplar-based dan Kontruksi Kontur

Masdra Wahyu Kuncoro

Informasi Dasar

113118030
003.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada citra digital terkadang sering ditemukan objek yang tidak dikehendaki keberadaannya. Objek tersebut tidak dikehendaki keberadaannya karena menggunakan tampilan atau terkait permasalahan privasi. Salah satu contoh adalah yang terjadi pada citra Google Street View karena diambil di tempat publik dan disebarkan ke publik. Oleh karena itu diperlukan penghilangan identitas melalui penghapusan objek (inpainting).

Berbagai penelitian terkait penghapusan objek telah dilakukan [1]. Sebuah metode dengan proses exemplar-based inpainting dan konstruksi struktur telah diperkenalkan baru-baru ini [3]. Struktur citra diperoleh melalui algoritma Laplacian. Informasi struktur ini dimanfaatkan pada penentuan urutan pengisian dan pencarian exemplar.

Pengujian dilakukan melalui pembandingan hasil dengan aplikasi yang disebarkan ke publik. Secara umum, inpainting dari metode yang diajukan menghasilkan kualitas yang bagus dengan kondisi ukuran daerah target tidak kompleks. Hal ini ditunjukkan dengan hasil survey menyatakan bahwa metode ini bagus sebesar 85.3% dan didukung dengan nilai rata-rata PSNR yang dihasilkan dari beberapa contoh gambar sebesar 25.72 dB. Kualitas inpainting ditentukan oleh ukuran exemplar, dan ukuran daerah target.
Kata Kunci: inpainting, exemplar-based

Subjek

COMPUTER SCIENCE
 

Katalog

Penghapusan Objek Pada Citra Digital Menggunakan Metode Exemplar-based dan Kontruksi Kontur
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Masdra Wahyu Kuncoro
Perorangan
Bedy Purnama S.Si., MT; Ir Hertog Nugroho M.Sc., P.hD
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini