Penilaian Tingkat Kematangan Kesiapan dan Implementasi Layanan Teknologi Informasi pada Event Management dan Problem Management dengan Information Technology Infrastructure Library Version3 (ITIL V3) (Studi Kasus : Infrastruktur Universitas Telko

Stephani Dian Angelina

Informasi Dasar

80 kali
113128360
005
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Telkom University (disingkat Tel

U) merupakan penggabungan dari beberapa institusi yang berada dibawah badan penyelenggara Yayasan Pendi dikan. Dalam hal

penyediaan layanan TI, Tel

U telah memiliki bagian/unit khusus yang mengelola dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi yakni Direktorat Sistem Informasi (SISFO). Salah satunya adalah layanan infrastruktur yang merupakan asset pen ting dalam penyampaian layanan teknologi informasi karenanya diperlukan pengelolaan layanan TI .

Selama ini Direktorat SISFO telah menggunakan standar penjaminan mutu ISO 9001

Manajemen Kualitas dalam penyampaian layanan TI. Namun standar ini belum cukup m emberikan panduan detail dalam pengelolaan layanan TI khususnya dalam mencegah dan meminimalisir dampak dari terjadinya insiden. Beberapa proses seperti meninjau event

yakni kejadian

kejadian rutin yang memiliki dampak terhadap ketersediaan layanan serta pengelolaan problem yakni penyebab dari satu atau lebih insiden sebenarnya dapat memberikan nilai bagi Direktorat SISFO antara lain mampu merespon lebih dini penyimpangan yang mungkin dapat terjadi dari suatu kejadian rutin serta meminimalisir jumlah dan tingkat keparahan insiden. Untuk itu diperlukan panduan yang memiliki kumpulan best practice dalam mengelola event dan problem dengan alasan inilah Information Technology Infrastructure Library (ITIL) dapat menjadi panduan yang tepat karena terdapat proses Event Management dan Problem Management pada domain Service Operation .

Namun sebelum proses

proses service operation ITIL V3 dapat diimplementasikan pada Direktorat SISFO, diperlukan suatu penilaian terhadap tin gkat kematangan kesiapan dan kematangan implementasi untuk mengetahui kondisi saat ini. Dalam

penelitian ini penilaian dilakukan dengan metode penyebaran form self

assessment dan wawancara dengan responden terkait.
Dari pelaksanaan penilaian diperoleh hasi l nilai kematangan kesiapan adalah 4,03 sedangkan nilai kem atangan implementasi adalah 3,96 hal ini menunjukkan bahwa kondisi Direktorat SISFO berada pada level 3 ( defined ) menuju level 4 ( managed ) dengan nilai tingkat kematangan sebesar 3.99 , yang artiny a proses telah dikenali dan terdokumentasi, namun belum terdapat persetujuan yang formal serta penerimaan atau pengenalan peran di dalam operasi TI secara keseluruhan. Walaupun begitu, proses telah memiliki pemilik proses ( process owner

), tujuan dan target

target serta sumber daya telah dialokasikan dan telah berfokus kepada efektivitas pelaksanaan proses. Laporan dan hasilnya dijadikan sebagai referensi untuk pengelolaan di masa mendatang.
Kata Kunci: ITSM, penilaian tingkat kematangan ( maturity level assessment ), ITIL V3, infrastruktur, service operation, event management, problem management

Subjek

INFORMATION TECHNOLOGY
 

Katalog

Penilaian Tingkat Kematangan Kesiapan dan Implementasi Layanan Teknologi Informasi pada Event Management dan Problem Management dengan Information Technology Infrastructure Library Version3 (ITIL V3) (Studi Kasus : Infrastruktur Universitas Telko
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Stephani Dian Angelina
Perorangan
Kusuma Ayu Laksitowening, ST.,MT.; Ibnu Asror, ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini